Jumat, November 11, 2011

Tanya Jawab Seputar Khilafah

Mugi Paring Kertapati

jawaban untuk beberapa pertanyaan yang diajukan oleh mas ÖVDI:

siapakah yg berhak menentukan kepemimpinan khilafah ini?

1. Syariat tidak menentukan individu tertentu untuk memegang kepemimpinan khilafah, hanya saja syariat menentukan syarat-syaratnya.

2. Syarat orang yang bisa menduduki jabatan khalifah ada 7: muslim, baligh, berakal, merdeka, laki-laki, adil, dan mampu.

3. Adapun siapa individu yang akan menjadi khalifah diserahkan kepada aspirasi umat tanpa mengurangi ketentuan-ketentuan syariat seperti di atas.

bgmana caranya?

4. Caranya adalah dengan penjaringan aspirasi. Bisa dengan pemungutan suara, survei, dan lain-lain, sebagaiman pernah dilakukan oleh dewan formatur pada masa ‘Umar ra.

apakah diatur juga pemilihanny scra syariat?

5. Syariat yang baku untuk memilih seorang khalifah adalah dengan bai’at. Dengan bai’at, seseorang sah menjadi khalifah. Sedangkan tanpa bai’at, seseorang tidak sah menjadi khalifah.

bole kasih liat dalilnya

6. Dalil pengangkatan khalifah melalui bai’at antara lain hadis: jika dibai’at dua orang khalifah, maka bunuhlah yang terakhir di antara keduanya.

semoga bisa menjadi bahan diskusi yang baik, sehingga kelak kita bisa bersama-sama untuk memperjuangkan syariat Allah yang demikian indah ini.

Like • • Unfollow Post • November 7 at 11:51am near Jakarta

ÖVDI brarti sama dunk ama pemilu?

trus yg membaiat itu siapa sajakah?

msalah hadithnya saya tanya tatacra pengangkatan khalifah itu gmana?

November 7 at 11:53am • Like

o

Mugi Paring Kertapati

brarti sama dunk ama pemilu?

7. Pemilu dalam sistem demokrasi dengan tatacara pemilihan khalifah memiliki beberapa perbedaan mendasar. Antara lain: orang yang berhak memilih dan dipilih dalam sistem demokrasi adalah semua warga Negara, seda...See More

November 7 at 12:01pm • Like

o

Mugi Paring Kertapati terima kasih, Cpt. Ranger, sudah mau berkomentar. lain bisa dicoba lebih baik lagi. diskusi ini diarahkan untuk menjadi diskusi yang baik, diskusi yang saling menhargai, bukan mencap ini dan itu tanpa argumentasi. kalau tidak bisa berdiskusi dengan baik, terpaksa saya hapus. insya Allah.

November 7 at 12:05pm • Like • 1

o

ÖVDI

7. Pemilu dalam sistem demokrasi dengan tatacara pemilihan khalifah memiliki beberapa perbedaan mendasar. Antara lain: orang yang berhak memilih dan dipilih dalam sistem demokrasi adalah semua warga Negara, sedangkan di dalam Islam hanya orang Islam saja yang berhak. Di dalam demokrasi, pemilu itu harus, sedangkan di dalam Islam,

^

^

trus bgmana dgn org yg non-islam?apakah mereka juga diharuskan punya pemimpin atau khalifah sndiri dalam negara islam?

trus bgmana juga jika kita tinggal dinegara mayoritas non muslim?apakah kita juga diwajibkan membikin kekhalifahan n memilih kepala negara juga?

tu hanyalah salah satu cara.

trus yg membaiat itu siapa sajakah?

8. Bai’at ada dua: baiat in’iqad dan baiat tha’at. Yang pertama dilakukan oleh sebagian orang saja, sedangkan yang kedua oleh seluruh kaum muslimin.

^

^

kalau sebagian org?siapa sajakah itu?apakah harus ada pemilihan lagi utk org2 sebagian trsebut?

kalau seluruh org itu juga bgmana jika ada segelintir org yg tdk setuju?apakah batal atau bgmana?

msalah hadithnya saya tanya tatacra pengangkatan khalifah itu gmana?

9. Pada masa khalifah Abu Bakar, dipilih secara mufakat di Saqifah Bani Sa’idah. Pada masa ‘Umar melalui wasiat dari Abu Bakar dan disetujui oleh kaum muslimin. Pada masa ‘Utsman dipilih melalui dewan formatur dengan memperhatikan aspirasi umat. Pada masa ‘Ali dipilih secara mufakat oleh umat yang mendesak beliau menduduki jabatan khalifah.

^

^

kok cra pemilihannya beda2? trus yg pakem yg dibolehkan rasul yg mana?krna mpe sekrg saya blum nemuin dalilnya cara pemilihan khalifah yg diconothkan rasul....

kemudian bgmana dgn bani umayah?abasiyah?ustmaniyah?apakah sesuai dgn keempat cara diatas?

November 7 at 12:06pm • Like

o

Mugi Paring Kertapati oke, terimakasih untuk pertanyaannya. insya Allah akan saya jawab. untuk sementara saya break dulu. belum bisa janji sampai kapan. alhamdulillah diskusi kita sejauh ini masih berjalan dengan baik. mudah-mudahan tidak dirusuhi pihak-pihak yang malah mengganggu fokus diskusi kita.

November 7 at 12:12pm • Like

o

ÖVDI ok seppp

November 7 at 12:13pm • Like

o

Cpt. Ranger Mau pake cuman tetap aja esensinya sama

November 7 at 12:19pm via mobile • Like

o

ÖVDI up

November 7 at 12:36pm • Like

o

AS Mas Mugi Paring Kertapati : Bertanya sma ustadsnya dulu kali...:-)

Tuesday at 3:48pm • Like

o

Mugi Paring Kertapati Asrul Syam: ya ndak apa-apa. tidak ada salahnya bertanya kalau tidak tahu.

Tuesday at 11:37pm • Like

o

Mugi Paring Kertapati

trus bgmana dgn org yg non-islam?

10. Orang-orang non-Islam diperlakukan sesuai dengan tuntunan Allah dan Rasul-Nya.

11. Kiranya kita sepakati dulu bahwa segala sesuatunya harus kita kembalikan kepada titah Allah dan Rasul-Nya.

apakah mereka juga diharuskan punya pemimpin atau khalifah sndiri dalam negara islam?

12. Tidak.

trus bgmana juga jika kita tinggal dinegara mayoritas non muslim?

13. Negara yang penduduknya mayoritas non-muslim bisa juga berada di bawah pemerintahan Islam yang mengatur mereka dengan syariat Islam. Jadi tidak masalah.

apakah kita juga diwajibkan membikin kekhalifahan n memilih kepala negara juga?

14. Kepala negaranya satu saja. Sehingga untuk daerah yang mayoritas penduduknya non-muslim, akan diajak bergabung dengan kekhalifahan yang sudah ada.

kalau sebagian org?siapa sajakah itu?

15. Orang-orang yang dipilih oleh umat.

apakah harus ada pemilihan lagi utk org2 sebagian trsebut?

16. Ya. Tetapi tidak selalu harus formal dan saklek seperti dalam pemilu.

kalau seluruh org itu juga bgmana jika ada segelintir org yg tdk setuju?apakah batal atau bgmana?

17. Ketidaksetujuan segelintir orang tidak serta-merta membatalkan bai’at yang telah terlaksana dengan sempurna.

kok cra pemilihannya beda2?

18. Tidak ada masalah. Namanya juga uslub (cara), secara syar’i memang boleh berbeda.

trus yg pakem yg dibolehkan rasul yg mana?

19. Dalam persoalan uslub tidak ada pakem. Yang penting tidak bertentangan dengan hukum syara’.

krna mpe sekrg saya blum nemuin dalilnya cara pemilihan khalifah yg diconothkan rasul....

20. Cara pemilihan khalifah dicontohkan oleh para sahabat. Ijma’ sahabat termasuk bagian dari dalil juga. Jadi kalau tidak ditemukan dalam sunnah Rasul, bisa merujuk ke ijma’ sahabat.

kemudian bgmana dgn bani umayah?abasiyah?ustmaniyah?apakah sesuai dgn keempat cara diatas?

21. Dari sisi cara ada kekeliruan. Tetapi kekeliruan tersebut tidak merusak akad bai’at yang diberikan kepada mereka.

Wednesday at 12:11am • Like

o

AS Mugi Paring Kertapati: semua yang antum tuliskan diatas adalah hal-hal yang "mungkin" dilakukan ketika khilafah itu berdiri.

Tapi bagaimna cara/metode mendirikan khilafah itu??

Apakah mengikuti cara Rasulullah???

Tunjukkan dalil2nya jika HTI megikuti cra/metode Rasulllah untuk mendirikan khilafah itu??

Wednesday at 6:06am • Like

o

Mugi Paring Kertapati ini pembahsan yang berbeda lagi. insya Allah bisa kita bahas di kesempatan terpisah.

15 minutes ago • Like

Akidah, Politik, dan Khilafah; Sebuah Diskusi Mengalir

Mugi Paring Kertapati

salah satu persoalan akidah yang berhubungan dengan politik adalah mengenai konsep kedaulatan. islam mengajarkan bahwa kedaulatan adalah milik syariat, sedangkan ideologi lain mengajarkan bahwa kedaulatan itu milik manusia (raja, rakyat, dan sebagainya). semoga kaum muslimin terselamatkan akidahnya.
Like • • Unfollow Post • November 6 at 5:40pm near Jakarta
o
AW Kedaulatan milik Allah mas bukan milik syariah......!!!
tterlalu semangat ya ???hehe
November 6 at 5:44pm • Unlike • 2
o
Mugi Paring Kertapati tinjauannya beda. boleh "kedaulatan milik syariat" (jika tinjauannya produk hukum) atau "kedaulatan milik Allah" (jika tinjauannya pihak yang berhak membuat hukum).
November 6 at 6:11pm • Like
o
SR Kagak ada hubungan antara Aqidah Islam dengan sistem politik Mugi Paring Kertapati...jangan di paksakan Islam masuk dalam ranah politik deh...
November 6 at 8:41pm • Like
o
Mugi Paring Kertapati yang menentukan bukan anda, tetapi sang pembuat syariat. yang mencontohkan juga bukan anda, tetapi rasulullah. memangnya siapa anda kok merasa berhak menentukan mana yang ada hubungannya dan mana yang tidak? rasulullah berpolitik dan politik yang beliau lakukan dilandaskan pada akidah islam.
November 7 at 12:37am • Like
o
Cpt. Ranger Dan ingat rasulullah TIDAK PERNAH berpolitik/berdakwah untuk dan dengan menggunakan sistem kilapah loh ya
November 7 at 1:02am via mobile • Like • 1
o
Mugi Paring Kertapati memang. karena di arab tidak mengenal huruf "p".:)
November 7 at 10:06am • Like
o
Cpt. Ranger Berarti kalau ada yg mengkampanyekan kilapah tapi bawa2 rasulullah, sesungguhnya mereka para PENDUSTA yang telah berdusta atas nama rasul
November 7 at 10:09am via mobile • Like
o
Mugi Paring Kertapati yang mengkampanyekan kilapah kan Cpt. Ranger. jadi, silakan dinilai sendiri.:)
November 7 at 10:12am • Like
o
ÖVDI khilapah itu apa sih?
November 7 at 10:13am • Like
o
Mugi Paring Kertapati ndak tau.
November 7 at 10:15am • Like
o
ÖVDI trus yg dimksd kedaulatan milik syariat tu ap mz?
November 7 at 10:15am • Unlike • 1
o
NCÊM Klo ada yg berpendapat Rasulullah gak pernah berpolitik tolong belajar sejarah islam ato langsung ke madura blajar ke aq
November 7 at 10:20am via mobile • Unlike • 1
o
Mugi Paring Kertapati yang dimaksud kedaulatan milik syariat adalah peraturan yang mengatur sebuah negara semuanya bersumber dari syariat.
November 7 at 10:25am • Like
o
ÖVDI oh bgtu tho
trus apakah jika kita blum bisa mengaplikasikan scra total bgmana hukumnya?
November 7 at 10:29am • Like
o
Mugi Paring Kertapati kalau kita belum bisa mengaplikasikannya secara total, kita terkena kewajiban untuk mengusahakannya, termasuk dengan mendakwahkan konsep ini, agar kaum muslimin tercerahkan kembali setelah tenggelam dalam konsep-konsep yang tidak bersumber dari akidah yang mereka anut.
November 7 at 10:32am • Like
o
ÖVDI boleh tau apakah ada negara yg sudah pernah mengaplikasikan scra total?trus yg saya tanyakan tdi bgman ahukumnya jika belum bisa mengaplikasikannya?berdosakah?
November 7 at 10:33am • Like
o
Hari Indrawan kedaulatan milik rakyat jika tinjauannya pelaksana hkum dan yg dibebani hukum Mugi Paring Kertapati
November 7 at 10:37am • Like
o
NCÊM Ada, sepeti arab saudi yg memberlakukan hukum qishos dll yg ala syari'at.
November 7 at 10:38am via mobile • Like
o
Mugi Paring Kertapati sudah pernah ada, yaitu rasulullah dan khulafaur rasyidin. jika belum bisa mengaplikasikannya tidak berdosa, selama: 1. tidak menentang, 2. ikut serta merealisasikannya.
November 7 at 10:39am • Like
o
NCÊM Hari@ klo kedaulatan memang milik rakyat kenapa disini kenyataanya rakyatl-lah yg didaulat.
November 7 at 10:42am via mobile • Like
o
ÖVDI
NCÊM Ada, sepeti arab saudi yg memberlakukan hukum qishos dll yg ala syari'at.
^
^
apakah hukm islam itu cuma qishos, potong tangan n rajam doang?
apakah jika telah melakukan ini sdah dianggap berhukum islam?setau saya hukum islam itu luas lho.... nah coba jelaskan
kedua, yakin mz arab saudi berhukum islam?saya kok ndak yakin ya?
nte ngebunuh juga gpp mz disana pokoknya deket ma keluarga kerajaan.....
November 7 at 10:44am • Like
o
Cpt. Ranger @noer tapi kenapa kok banyak penyimpangan ya di negara yg katanya memberlakukan syariat. Btw baca lagi bukan rasulullah tidak pernah berpolitik tapi tidak pernah berpolitik ala kilapah
November 7 at 10:46am via mobile • Like
o
ÖVDI
Mugi Paring Kertapati sudah pernah ada, yaitu rasulullah dan khulafaur rasyidin.
^
^
brarti cuma mpe jaman sayyidina Ali doang ya?belum ada yg lain?
jika belum bisa mengaplikasikannya tidak berdosa, selama: 1. tidak menentang, 2. ikut serta merealisasikannya.
^
^
bgmana caranya?
Bukankah nte sdiri yg bilang terakhir yg bisa melakukannya adalah jamannya sayyidina Ali...nah jarak 14 abad mz.... belum ada yg bisa merealisasinya ya?
November 7 at 10:46am • Like
o
ÖVDI Cpt. Ranger @noer tapi kenapa kok banyak penyimpangan ya di negara yg katanya memberlakukan syariat. Btw baca lagi bukan rasulullah tidak pernah berpolitik tapi tidak pernah berpolitik ala kilapah
^
^
penyimpangan di saudi jauh lebih byk mz....nah lho knpa ini?
November 7 at 10:48am • Like
o
Mugi Paring Kertapati saya tidak mengatakan sampai masa 'Ali saja. masa itu adalah contoh terbaik, bukan batas akhir.
November 7 at 10:53am • Like
o
NCÊM Omatz@ saya bilang kan "qishos dll" bukan qishos doang. klo ada penyimpangan itu yg salah mah yg nyimapng...
November 7 at 10:55am via mobile • Like
o
Cpt. Ranger Jd ngk jaminan dong sistem yg baik akan menghasilkan keadaan yg baik pula @noer
November 7 at 10:55am via mobile • Like
o
NCÊM Cpt ranger@ coba saya minta kitab ato keterangan yg menyebutkan rasul g' pernah berpolitik ala "kilapah" ?
November 7 at 10:59am via mobile • Like
o
ÖVDI
Mugi Paring Kertapati saya tidak mengatakan sampai masa 'Ali saja. masa itu adalah contoh terbaik, bukan batas akhir.
^
^
trus kalau bgtu sipa lgi negara yg bisa mempraktekkan khilafah scra utuh?soalnya saya bingung gk tau conothnya
NCÊM Omatz@ saya bilang kan "qishos dll" bukan qishos doang. klo ada penyimpangan itu yg salah mah yg nyimapng...
^
^
dari data depnaker utk saudi kasus TKI hampir 7000 case itu yg terrekam mz..... mulai dri penyiksaan, perkosaan n mpe pebunuhan tpi tdk satupun dri pihak mjikan yg kena qishas.... utk case yg kemarenpun itu kena cuma 3 taon penjara buat simajikan....
berbalik dgn kondisi TKI ketika mereka melakukan kesalahan bahkan pembunuhan mskipun itu adalahpembelaan diri knpa tdk ada satupun yg lolos dri jerat hukum?
oh ya boleh tau gk bgmana hukumnya dalam islam ttg hukum org yg membela diri dgn cara membunuh?
November 7 at 10:59am • Like
o
ÖVDI scra laporan memang bnar saudi adalah negara dgn kejahatan plg rendah...itu hanya statistik saja krna kenyataanny hampir mayoritas kejahatan saudi tdk dilaporkan bahkan jika kita adalah keluarga kerajaan hukumnya BEBAS HUKUM
November 7 at 11:00am • Like
o
NCÊM Ometz@ klo mo tanyak hukum ma ane datang ja ke pulau garam soalnya ane sibuk. klo maslh tki itu panjang ceritanya...
November 7 at 11:04am via mobile • Like
o
ÖVDI NCÊM Ometz@ klo mo tanyak hukum ma ane datang ja ke pulau garam soalnya ane sibuk. klo maslh tki itu panjang ceritanya...
^
^
mz...saya org awam.... bukan org yg tau agama....
lha klo mau tanya msa saya hrus jauh2 ke madura?
November 7 at 11:05am • Like
o
ÖVDI oh ya silaka ceritakan ttg TKI mz
November 7 at 11:06am • Like
o
NCÊM Omatz@ masalah tki disaudi antara lai, 1.KBRI-nya bobrok. 2. tki banyak diperdagangkan. klo mo lebih jls kemadura aja ya
November 7 at 11:08am via mobile • Like
o
ÖVDI NCÊM Omatz@ masalah tki disaudi antara lai, 1.KBRI-nya bobrok. 2. tki banyak diperdagangkan. klo mo lebih jls kemadura aja ya
^
^
1. korelasi antara bobroknya KBRI dgn hukum islam yg berlaku di saudi apa mz?
2. klo memang diperdagangkan trus apa juga korelasinya dgn hukum islam yg berlaku di saudi mz?apakah gar2 hal ini hukum islam bolehtdk diperlakukan?
November 7 at 11:12am • Like
o
NCÊM Omatz@ kita semua mah orang awam bisanya cuman "taqlid" tp klo emang ente pingin tau and pingin blajar ya datng aja..!
November 7 at 11:14am via mobile • Like
o
ÖVDI lha gmn sih mz...nte kan punya sebuah konsep yg mnurut anda itu baik n plg islami nah sbgai org awam biasa istilahnya dalam marketing sampeyan ini salesnya saya adalah targetnya wajarkan saya beranya2 ttg barang dagangan sampeyan?
msa bisa bilang "barang dagangan saya yg plg bagus" tapi ditanya kok ndak bisa jelasin?
ya jgn salahkan org lain klo ndak mau ngelirik barang dagangan sampeyan
November 7 at 11:16am • Like
o
NCÊM Omatz@ klo di arab saudi ada penyimpangan menujukkan disana menerapkan hukum ala syari'at. lain dengan negara kita. hehe
November 7 at 11:19am via mobile • Like
o
ÖVDI
NCÊM Omatz@ klo di arab saudi ada penyimpangan menujukkan disana menerapkan hukum ala syari'at. lain dengan negara kita. hehe
^
^
maaf kalau bgtu asalkan namanya hukum syariat n hitam diatas putihnya seakan2 memakai syariat islam TAPI ketika pelaksanaany meskipun 180 derajat atau bisa dibilang meskipun pelaksanaanny tdk sesuai syariat islam
MAKA hukumnya HALAL...bgtu?
brarti syariat islam mnurut sampeyan itu cuma sebatas nama n hitam diatas putih gtu?
November 7 at 11:23am • Like
o
NCÊM Omatz@ barang saya ini walo g' laku ma pean g' jd msalah wong murid2 ane yg lebih butuh banyak kok....
November 7 at 11:24am via mobile • Like
o
ÖVDI NCÊM Omatz@ barang saya ini walo g' laku ma pean g' jd msalah wong murid2 ane yg lebih butuh banyak kok....
^
^
lho ya gk bisa gtu kang.... sbgai sales nte gk bner itu....
bisa jadi yg gk ngelihat dagangan anda bukan hanya saya tapi mayoritas org di indonesia...gmn hayo?
November 7 at 11:26am • Like
o
Mugi Paring Kertapati ÖVDI: setelah khulafaurrasyidin, kedaulatan syariat masih diterapkan sampai runtuhnya turki utsmani, tahun 1924. diruntuhkan oleh yahudi.
November 7 at 11:26am • Like
o
NCÊM Oatz@ weleh3, bukan gitu coy. itu kan faham bg orang yg amat dangkal and g' tau ilmu "mantiq" heheheheheeee
November 7 at 11:29am via mobile • Like
o
ÖVDI Mugi Paring Kertapati ÖVDI: setelah khulafaurrasyidin, kedaulatan syariat masih diterapkan sampai runtuhnya turki utsmani, tahun 1924. diruntuhkan oleh yahudi.
^
^
maaf...maaf...saya kok mkin bingung ya?
bani umayah, abasiyah, ustmaniyah itu kekhalifahan ya?
kok saya baru tau ya?
jika ketiga dinasti itu trmasuk kekhalifahan coba jelaskan ke saya pa itu khilafah?hayooo jgn ngeles lagi...
November 7 at 11:30am • Like
o
NCÊM Mas mugi@ sia2 aja nerangin sejarah ama orang yg g' tau sejarah and g' knal kitab kuning. paling tanggapanx cuma nanyak
November 7 at 11:32am via mobile • Like
o
Mugi Paring Kertapati khilafah adalah kepemimpinan umum untuk seluruh kaum muslimin di dunia untuk menerapkan hukum-hukum Islam serta mengemban dakwah dan jihad. bani umayyah, abasiyah, utsmaniyah adalah kekhalifahan. silakan dibaca di buku-buku sejarah.
November 7 at 11:32am • Like
o
ÖVDI NCÊM Mas mugi@ sia2 aja nerangin sejarah ama orang yg g' tau sejarah and g' knal kitab kuning. paling tanggapanx cuma nanyak
^
^
lha ... emang salahkah jika saya bertanya dgn anda? kan dah saya bilang saya ini awam
November 7 at 11:34am • Like
o
Mugi Paring Kertapati cak NCÊM: ndak apa-apa, cak. kita jelaskan dengan sabar. semoga pertanyaan-pertanyaan yang diajukan memang untuk mencari tahu tentang kebenaran, bukan untuk mencari-cari celah seperti yang dilakukan oleh orang-orang yahudi pada zaman nabi.
November 7 at 11:35am • Like
o
ÖVDI Mugi Paring Kertapati khilafah adalah kepemimpinan umum untuk seluruh kaum muslimin di dunia untuk menerapkan hukum-hukum Islam serta mengemban dakwah dan jihad. bani umayyah, abasiyah, utsmaniyah adalah kekhalifahan. silakan dibaca di buku-buku sejarah.
^
^
siapakah yg berhak menentukan kepemimpinan khilafah ini?bgmana caranya?apakah diatur juga pemilihanny scra syariat?bole kasih liat dalilny
November 7 at 11:35am • Like
o
ÖVDI kalau bgi saya sih ketiganya itu lebih mirip kesultanan
November 7 at 11:35am • Like
o
Mugi Paring Kertapati mas ÖVDI: kalau memang serius bertanya, bukan mencari-cari celah, sebaiknya adabnya diperhatikan. misalnya, tidak perlu mengeluarkan kata-kata seperti ini: "hayoo,, jangan ngeles lagi." semoga kita bisa berdiskusi dengan baik.
November 7 at 11:36am • Like
o
NCÊM Benarkan mas, klo bicara ma orang bahlul selalu nanyak g' tau ngejawab karena takut nampak kebodohannya. heheheee
November 7 at 11:38am via mobile • Like
o
ÖVDI Mugi Paring Kertapati mas ÖVDI: kalau memang serius bertanya, bukan mencari-cari celah, sebaiknya adabnya diperhatikan. misalnya, tidak perlu mengeluarkan kata-kata seperti ini: "hayoo,, jangan ngeles lagi." semoga kita bisa berdiskusi dengan baik.
^
^
ok deh klo bgtu... iam sorry ya
nah skrg cba deh mz dijwab pertanyaan2 saya sbgai org awam
November 7 at 11:39am • Like
o
Mugi Paring Kertapati mas ÖVDI: tentang tema kekhalifahan dan rinciannya, sebaiknya kita bahas di tema lain. di sini saya mencukupkan sampai dipahaminya konsep kedaulatan. mengenai apakah umayyah, abbasiyah, dan utsmaniyah itu kekhalifahan atau kesultanan, perlu diperhatikan makna istilah, bukan peristilahannya.
November 7 at 11:39am • Like
o
ÖVDI NCÊM Benarkan mas, klo bicara ma orang bahlul selalu nanyak g' tau ngejawab karena takut nampak kebodohannya. heheheee
^
^
kan dah saya bilang saya org awam.....lgipula kan nte yg sdg berpromosi program...msa saya yg hrus jwab?
November 7 at 11:39am • Like
o
NCÊM Bung omatz@ تفكر أولا قبل التكلم Faham g' ya dengan bahasa arab...?
November 7 at 11:41am via mobile • Like
o
NCÊM Bung omatz@ masa tatakramanya orang nanyak ngeyel kayak gitu wong kesannya ngedebat yg ditanyai kayak bani isra'il aja..
November 7 at 11:44am via mobile • Like
o
ÖVDI
Mugi Paring Kertapati mas ÖVDI: tentang tema kekhalifahan dan rinciannya, sebaiknya kita bahas di tema lain. di sini saya mencukupkan sampai dipahaminya konsep kedaulatan. mengenai apakah umayyah, abbasiyah, dan utsmaniyah itu kekhalifahan atau kesultanan, perlu diperhatikan makna istilah, bukan peristilahannya.
^
^
coba dijelasin deh mz...biar saya gk tambah pening
NCÊM Bung omatz@ تفكر أولا قبل التكلم Faham g' ya dengan bahasa arab...?
^
^
anggap saja saya gk faham simplekan mz?;)
nah silakn jelasin
NCÊM Bung omatz@ masa tatakramanya orang nanyak ngeyel kayak gitu wong kesannya ngedebat yg ditanyai kayak bani isra'il aja..
^
^
lha nanti klo iya2 saja katanya taklid buta..
klo kritis kok diilang bani israel sih
November 7 at 11:48am • Like
o
NCÊM خير الأمور أوسطها
November 7 at 11:53am via mobile • Like
o
ÖVDI iya trus knpa mz?
November 7 at 11:55am • Like
o
NCÊM Pepatah mengtakan "malu bertanya sesat dijalan" tapi klo nanyak mulu kapan jalannya. heheheheeeee
November 7 at 11:55am via mobile • Like
o
ÖVDI lha saya tanya yg mau nte mksdkan dri خير الأمور أوسطها itu apa mz?saya kok bingung mksdnya sampeyan
November 7 at 11:58am • Like
o
Mugi Paring Kertapati cak NCÊM dan mas ÖVDI: karena ada tanda-tanda diskusi akan melebar dan menjadi tidak karuan, saya harap jika mau dilanjutkan, bisa dilanjutkan di tempat lain. oke? ndak apa ya..
November 7 at 12:07pm • Like
o
ÖVDI seeepp
November 7 at 12:09pm • Like