Sabtu, Maret 01, 2014

EVOLUSI KELERENG (Diskusi Evolusi bersama Ateis)

EVOLUSI KELERENG
(Diskusi Evolusi bersama Ateis)

Diskusi ini terjadi di sebuah grup Ateis di Facebook. Karena diskusi ini sangat panjang (terdiri dari 204 komentar [selain 1 pelempar topik], setara dengan 24 lembar A4 font Calibri ukuran 11), jika anda ingin meringkas bacaan, saya sarankan untuk langsung lompat ke komentar sekitar nomor 130 ke bawah. Semoga bermanfaat.

Miliran, 29 Rabî’uts Tsânî 1435 H/1 Maret 2014 07:28

Mas Wahyu
100 tahun yang lalu kita tidak ada dan pasti 100 tahun yang akan datang kita juga tidak ada di muka bumi ini.. kita ada karena ada yang mengadakan. bukan karena keingingan kita. dunia sementara akherat selamanya..
Unlike ·  · February 17 at 1:31pm
You and 3 others like this.

1.        
Baim Doank adakah bukti bahwa akhirat abadi?
February 17 at 2:07pm · Like

2.        
Gozeen Rain itulah prbedaan pandangan theis dg atheis,atheis mengacu pada proses dari kelahiran smpai kematian.
February 17 at 2:32pm · Like

3.        
July Blue join dong disini :
https://www.facebook.com/groups/komunitasandroidindonesiabersatu/
February 17 at 2:41pm · Like

4.        
Sastra Prawira Mas Wahyu bilang begitu karena doktrin dari kecil, apkh akal sehat Mas Wahyu skr, bahwa itu benar2 ada? sy nanya akal sehat nya lho ya
February 17 at 2:46pm · Edited · Like

5.        
Mathias Wahyudi Mas sastra mnrut anda apa itu akal sehat?
February 17 at 3:13pm · Like

6.        
Sastra Prawira manusia diberikan akal sehat mas, itu pedoman manusia, itu pedoman kita bkn?
February 17 at 3:19pm · Like

7.        
Mathias Wahyudi Mksud anda smua manusia pnya akal sehat?
February 17 at 3:27pm · Like

8.        
Mathias Wahyudi Manusia diberikan akal sehat... Siapa yg memberi akal sehat?
February 17 at 3:28pm · Like

9.        
Sastra Prawira siapa mnrt sampean mas ?
February 17 at 3:29pm · Like

10.    
Mathias Wahyudi Anda yg bilang kok nanya saya....
February 17 at 3:30pm · Like

11.    
Sastra Prawira anda yg klaim kalau akal sehat itu ada yg memberikan....betul apa betul ?
February 17 at 3:31pm · Like

12.    
Mathias Wahyudi Liat komenan anda... Anda sendiri yg menulis manusia diberikan akal sehat... Betul apa betul?
February 17 at 3:34pm · Like

13.    
Sastra Prawira hahaha ok, mas mathias menang ttg tulisan....koreksi maksud sy "punya"
February 17 at 3:35pm · Like

14.    
Mathias Wahyudi Pas nulis ny pke akal sehat gx?
February 17 at 3:37pm · Like

15.    
Sastra Prawira ok point nya apa mas ?.....mas mau kasih bukti bahwa itu penyebabnya tuhan ?
February 17 at 3:38pm · Like

16.    
Sastra Prawira sy ngaku kalah karena kteledoran sy menulis kata...mas mathias menang utk yg tadi
February 17 at 3:40pm · Like

17.    
Mathias Wahyudi Jwb sja dlu....
February 17 at 3:41pm · Like

18.    
Sastra Prawira bisa di ulang, pertanyaan nya?
February 17 at 3:41pm · Like

19.    
Mathias Wahyudi Sya tdak merasa menang sya jg tdak ingin berlomba mas....
February 17 at 3:41pm · Like

20.    
Lovely Minato tuhan ada karena ada yg menyembahnya, agama pun ada karena ada yg mengikuti, jika tidak ada yg melakukan hal religi, maka tidak akan ada tuhan maupun agama yg tercipta
February 17 at 3:42pm · Like · 3

21.    
Sastra Prawira @lovely sesuai dgn tulisan ini.....jika agama hilang di bumi ini, kecil peluangnya utk bisa muncul spt semula, kalau ilmu pengetahuan hilang, pasti akan selalu ada penerusnya dgn hasil yg sama.
February 17 at 3:44pm · Like

22.    
Mathias Wahyudi Siapa yg bisa menjamin mas sastra?
February 17 at 3:45pm · Like

23.    
Sastra Prawira ukt agama , ilustrasi nya spt ini....kalau agama diturunkan di jaman informasi ini, mungkinkah manusia akan percaya? walaupun ada bbrp yg spt itu di jaman skr ini...pasti dianggap gila atau ajaran sesat
February 17 at 3:48pm · Like

24.    
Mathias Wahyudi Sya rasa tdak perlu diulang pertanyaan sya lgian komenan ny blum dihapus
February 17 at 3:49pm · Like

25.    
Sastra Prawira apa salah nya di ulang mas...ayo rileks
February 17 at 3:49pm · Like

26.    
Mathias Wahyudi Siapa yg tau? Silakan anda coba... Dlam undang-undang pun dijelaskan stiap wrga negara berhak memuluk agama dan kepercayaan ny masing-masing
February 17 at 3:51pm · Like

27.    
Sastra Prawira sudah ada bbrp agama baru di abad ini, termasuk di kita.....dianggap sesat kan...pernah baca kan mas?
February 17 at 3:52pm · Like

28.    
Mathias Wahyudi Sya rileks... Silakan bca sendiri di atas....
February 17 at 3:53pm · Like

29.    
Sastra Prawira ttg akal...manusia diatas 18 th, sdh bisa dikatakan mampu menggunakan akal nya
February 17 at 3:54pm · Like

30.    
Lovely Minato selama manusia msh memiliki akal pikiran (otak) selama itu pula ilmu pengetahuan akan berkembang, tak terkecuali pemikiran tentang agama, walaupun tidak akan sama dengan agama yg sudah ada.
February 17 at 3:55pm · Like

31.    
Mathias Wahyudi Itu krna meniru agama lain kalau tdak ada kesamaan... Mngkin bsa sja... Dan jngan merugikan orang lain...
February 17 at 3:55pm · Like

32.    
Sastra Prawira kalau berargumen dgn fakta....abad 20 ini agama apa yg bisa diterima manusia?
February 17 at 3:57pm · Edited · Like

33.    
Lovely Minato satu agama saja bisa menimbulkan ratusan aliran, bahkan dari satu agama bisa menjadi beberapa agama....agama sama halnya dengan sains. akan terus berkembang
February 17 at 3:58pm · Like

34.    
Mathias Wahyudi Apa anak kecil tdak bisa menggunakan akal? Yg sya tnya td akal sehat... Orang beragama jg pnya akal dan harus pnya akal... Contoh hewan tdak pnya agama ....
February 17 at 3:59pm · Like

35.    
Sastra Prawira @lovely....agama identik science?...bisa jelaskan?
February 17 at 4:00pm · Like

36.    
Sastra Prawira usia 18 thn akal sehat nya dominan
February 17 at 4:01pm · Like

37.    
Mathias Wahyudi Ajaran agama akab tetap konstan hanya pemahaman manusia tentang agama yg berubah.... Agama apa yg bisa diterima manusia silakan pkir masing2 kita dsini manusia jd bisa tau jwban ny sendiri...
February 17 at 4:01pm · Like

38.    
Mathias Wahyudi Akal sehat itu apa dlu mas jngan langsung mengambil ksimpulan...
February 17 at 4:02pm · Like

39.    
Sastra Prawira itu namanya keyakinan subjektif...karena hasil doktrin sejak kecil
February 17 at 4:02pm · Like

40.    
Lovely Minato orang gila yg tidak mempunyai akal sehat dibebaskan tidak beragama tapi di ampuni oleh semua agama, mereka bebas berbuat apapun tanpa adanya resiko dosa.
February 17 at 4:03pm · Like

41.    
Sastra Prawira akal sehat : berfungsi untuk mengingat, menyimpulkan, menganalisis, menilai apakah sesuai benar atau salah
February 17 at 4:03pm · Like

42.    
Lovely Minato agama itu berdasarkan akal sehat
February 17 at 4:04pm · Like

43.    
Mathias Wahyudi Itu fungsi nya... Definisi ny mas...
February 17 at 4:04pm · Like

44.    
Mathias Wahyudi Agama yg mna ny dari akal mbak? Tuhan nya? Ajaran nya? Atau nma nya?
February 17 at 4:05pm · Like

45.    
Sastra Prawira itu definisi sy ttg akal sehat, definisi anda berbeda?
February 17 at 4:05pm · Like

46.    
Lovely Minato semuanya
February 17 at 4:08pm · Like

47.    
Mathias Wahyudi Tau beda definisi dngan fungsi gx?
February 17 at 4:09pm · Like

48.    
Sastra Prawira pa definisi akal sehat menurut mas mathias.....(anggap saja sy tdk tahu skr)
February 17 at 4:10pm · Like

49.    
Mathias Wahyudi Hebat akal anda kalau bisa membuat ny....
February 17 at 4:10pm · Like

50.    
Sastra Prawira apa definisi akal sehhat menrt mas mathias ?
February 17 at 4:14pm · Like

51.    
Mathias Wahyudi Anda bicara akal sehat tp tdak tau definisi ny....
February 17 at 4:15pm · Like

52.    
Sastra Prawira lol...aq pikir mau diskusi...
February 17 at 4:15pm · Like

53.    
Sastra Prawira makanya sy tanya....sampean kan ga setuju definisi sy...makanya sy tanya definisi sampean apa ?
February 17 at 4:16pm · Edited · Like

54.    
Sastra Prawira malah lebih parah....gak tau mas definisi nya?
February 17 at 4:18pm · Like

55.    
Sastra Prawira lol
February 17 at 4:18pm · Like

56.    
Mathias Wahyudi Akal itu adalah daya pikir untuk memahami sasuatu sedangkan akal sehat daya pikir untuk memahami sesuatu yang menggunakan otak yg sehat alias tdak gila...
February 17 at 4:19pm · Like

57.    
Sastra Prawira sumber dari mana itu? lol.....ngarang mas?
February 17 at 4:21pm · Like

58.    
Sastra Prawira baca ini mas mathias

https://id.wikipedia.org/wiki/Akal
February 17 at 4:22pm · Like
59.    
Mathias Wahyudi Anda bca baik2 yg mna yg slah....
February 17 at 4:25pm · Like

60.    
Sastra Prawira baca dulu sampai habis mas
February 17 at 4:26pm · Like

61.    
Mathias Wahyudi Sudah sya bca... Anda bilang definisi sya yg slah itu mna?
February 17 at 4:28pm · Like

62.    
Sastra Prawira akal sehat adl reason ; sama dgn logika, dan divalidasi oleh fakta.....memahami sesuau itu berbeda setiap manusia...tergantung informasi yg dia terima.
February 17 at 4:33pm · Like

63.    
Sastra Prawira kalau gila, sudah jelas tdk berakal
February 17 at 4:34pm · Like

64.    
Mathias Wahyudi Ngarang tu? Gila itu punya akal tp daya ny yg kurang
February 17 at 4:36pm · Like

65.    
Sastra Prawira gila=akal lemah....lol mas mathias
February 17 at 4:37pm · Like

66.    
Mathias Wahyudi Itu yg sya katakan td akal lemah bukan berarti tdak pnya akal... Anda ini gimna sih... Sudah bhas tntang akal ny kita lanjut kepembahasan berikut nya....
February 17 at 4:39pm · Like

67.    
Sastra Prawira next
February 17 at 4:40pm · Like

68.    
Mathias Wahyudi Pertanyaan yg td mslah ksalahan anda td pke akal sehat gx nulis ny?
February 17 at 4:46pm · Like

69.    
Sastra Prawira beda dong, kalau manusia teledor, ga ada hubunganya dgn akal sehat....tau typo mas?
February 17 at 4:48pm · Like

70.    
Sastra Prawira kalau gak ngerti, pakai om google sj mas
February 17 at 4:50pm · Like

71.    
Mathias Wahyudi Sblum anda tulis tntu anda akan berpikir dlu... Kalau tulisan anda slah huruf contoh ny mau nulis kertas jd kartas itu bru teledor...
February 17 at 4:56pm · Like

72.    
Sastra Prawira jadi menurut sampean, manusia salah ketik karena tdk pakai akal sehat ?
February 17 at 4:58pm · Edited · Like

73.    
Mathias Wahyudi Sya kn nanya sma anda pkai akal sehat gx td?
February 17 at 5:01pm · Like

74.    
Sastra Prawira iya pake....point nya kemana nih
February 17 at 5:01pm · Like

75.    
Sastra Prawira next aja....giliran sy boleh kan..... apakah mas mathia sudah menggunakan akal sehat mengenai keyakinan nya?
February 17 at 5:04pm · Like

76.    
Mathias Wahyudi Point ny kalau akal sehat bisa slah bgaimna mau tau zat tuhan? Keberadaan tuhan pkai akal sehat ..
February 17 at 5:05pm · Like

77.    
Sastra Prawira knp tdk boleh pakai akal sehat, sedangkan manusia punya kal sehat yg lebih dominan...?
February 17 at 5:06pm · Like

78.    
Mathias Wahyudi Anda tertarik dengan kykinan sya?
February 17 at 5:07pm · Like

79.    
Sastra Prawira -sy tertarik dengan manusia yg percaya dgn keyakinan tanpa akal sehat....knp bisa?
February 17 at 5:08pm · Like

80.    
Mathias Wahyudi Siapa yg tdak pkai akal sehat?
February 17 at 5:23pm · Like

81.    
Mathias Wahyudi Anda tau definisi tuhan? Sblum anda menggunakan akal sehat untuk memahami zat Nya
February 17 at 5:24pm · Like

82.    
Sastra Prawira bingung ya mas jawabnya,,,,,karna definisi akal sehat sudah jelas diatas...
February 17 at 5:25pm · Like

83.    
Söcial Våmþirë Dg kata lain jika tidak mampu mengungkapkan keberadaan tuhan dengan akal sehat, maka manusia itu tak berakal sehat atau. . . . . (isi sendiri) : ujungnya doktrin dari lahir.
February 17 at 5:29pm · Like · 2

84.    
Mathias Wahyudi Apa nya yg bingung anda mengatakan tertarik dengan manusia yg percya dengan kykinan tnpa akal sehat sya tanya siapa yg tdak pkai akal sehat?
February 17 at 5:30pm · Like

85.    
Söcial Våmþirë Mathias, hanya mengulang atas review pembahasan. Tidak fokus ke pembahasan, tidak ada point penting.
February 17 at 5:32pm · Like

86.    
Mathias Wahyudi Kalau ada orang dtng dtngah diskusi tdak ikut dari awal tiba menjustifikasi nma nya .... Silahkan isi sndri
February 17 at 5:34pm · Like

87.    
Sastra Prawira tandanya ia faham, kalau diskusi sampean, muter2 gak ke point nya.
February 17 at 5:35pm · Like

88.    
Söcial Våmþirë Saya ikuti, cermati, dan baca dari awal sampai menit terbaru update komen anda. Siapa yang menjustifikasi, anda yang ngejudge.
February 17 at 5:36pm · Like

89.    
Mathias Wahyudi Langsung kpoint ntar dbilang tdak pkai akal sehat dibilang tdak pnya dasar... Diajak mlai dari dasar mlah dblang muter2 kalau anda berfikir sekilas mka hasil nya tuhan tdak ada...
February 17 at 5:39pm · Like

90.    
Mathias Wahyudi Siapa yg sya judge?
February 17 at 5:40pm · Like

91.    
Söcial Våmþirë Ya, silahkan simpulkan. Asal jangan simpul mati.
February 17 at 5:40pm · Like · 1

92.    
Mathias Wahyudi Contoh yg tdak bertanggung jwab
February 17 at 5:43pm · Like

93.    
Söcial Våmþirë Tidak menanggung, dan tidak menjawab. Diskusi bebas pajak kok.
February 17 at 5:45pm · Like

94.    
Sastra Prawira aq off dulu silahkan dilanjut, nati aq baca n reply....point nya..."apkh doktrin dari kecil bisa diterima akal sehat? "
February 17 at 5:46pm · Like

95.    
Sastra Prawira akal sehat ="logika dan divalidasi oleh fakta"
February 17 at 5:47pm · Like

96.    
Sastra Prawira wah tdk dilanjut ini.....?
February 17 at 7:57pm · Like

97.    
Sastra Prawira Albert Einstein sebelum menjadi atheis adalah seorang believer juga, knp....? karena akal sehat nya digunakan.
February 17 at 7:57pm · Like

98.    
Söcial Våmþirë teori relativitasnya itu juga masih dipakai sampai sekarang.
February 17 at 8:07pm · Like

99.    
Mathias Wahyudi Kpn einstein jd atheis? Dr mna sumber bahwa einstein seorang atheis?
February 17 at 9:09pm · Like

100.             
Vibi ga semua bisa masuk akal kok.
February 18 at 6:45am · Like

101.             
Nabilla Khudori Manusia mati itu ya layaknya komputer yang rusak, tidak bisa digunakan lagi Kehidupan setelah mati adalah dongeng khayalan orang-orang yang takut gelap.-Stephen Hawking- (Ilmuwan terbesar setelah Einstein). Di googling aja siapa dia, Dia yang bisa buktikan bahwa tuhan itu ga ngaruh sama kehidupan. sekarang ataupun setelah mati.
February 18 at 12:05pm · Like · 1

102.             
Mathias Wahyudi Kalau mau buktikan ada atau tdak ny khdupan stlah mati tnya kn sma orng yg prnah kembali dari kematian... Khdupan setalah mati tdak bisa dbuktikan dengan ilmu pengetahuan tp bukan berarti tda ada...
February 18 at 12:14pm · Like

103.             
Nabilla Khudori Ya makanya,karena nggak bisa dibuktikan secara ilmu pengetahuan, berarti nggak ada. Hal yang nggak bisa kita lihat, tapi nyata, contohnya angin, masih ada buktinya kalau itu ada. Secara sains bisa dibuktikan. Nah, kalau tuhan dan kehidupan setelah mati? manusia beragama itu delusi berjamaah, karena jumlahnya banyak, ya seolah benar. Tapi banyak dan benar itu tidak sama.
February 18 at 12:19pm · Like · 1

104.             
Mathias Wahyudi Itu lah kelemaha ilmu pengetahuan.... Bukan berarti yg tdak bisa dibuktikan secara empiris itu tdak ada... Ilmu pengetahuan pnya batas.... Ilmu pengetahuan tdak sempurna
February 18 at 12:42pm · Like

105.             
Deny Notonegoro ternya ada eaa ilmuwan besar selain einstein baru tau gw , http://mualaf-alhamdulillah.blogspot.com/.../stephen...
February 18 at 12:42pm · Like

106.             
Anugrah Simanjuntak ►►
Memangnya pernah ada yg kembali dari kematian ?
February 18 at 12:48pm · Like

107.             
Nabilla Khudori Deny Notonegoro aduh, cari sumber yang reliable dong. Hawking masuk Islam? Jangan sampai ini blog diliat negara asing. Malu..... Bikin hoax kira-kira...
Mathias Wahyudi benar. Ilmu pengetahuan tidak sempurna, tapi ilmu pengetahuan bersedia mengoreksi diri ketika ternyata ada kesalahan. Beda dengan agama, kitabnya aja nggak boleh diedit, mana relevan?
February 18 at 12:48pm · Like · 1

108.             
Nabilla Khudori Anugrah Simanjuntak ada yang namanya kematian klinis, selengkapnya digoogle aja karena saya juga belum terlalu mengerti. Kematian klinis ini sering diasosiasikan dengan mati suri. Namun, lagi-lagi, tidak ada hubungannya dengan tuhan, semua bisa dijelaskan dengan sains dan penelitian. Kayaknya di kompas ada deh. coba baca2 sains.kompas.com disitu banyak berita dan FAKTA penemuan mutakhir yang berhasil membuktikan bahwa kitab suci tidak lagi benar dan relevan.
February 18 at 12:52pm · Like

109.             
Anugrah Simanjuntak ►►
Memangnya saya ada mengatakan bahwa Kitab Suci itu benar dan relevan ? dan saya jugak tau bahwa kematian itu tidak ada hubungannya dengan Tuhan
February 18 at 12:54pm · Like

110.             
Sastra Prawira @deny.....hapus cepet link blok km......mau bikin malu org indonesia ??......kok gampang banget nelen HOAX
February 18 at 12:57pm · Edited · Like

111.             
Nabilla Khudori saya ndak kontra Anda lho, Anugrah Simanjuntak, justru saya sedang membagi sumber pendapat saya, Justru posisi mempertanyakan kebenaran itu lebih baik, karena tidak tertipu doktrin yang belum jelas kebenarannya.
February 18 at 12:57pm · Like · 2

112.             
Sastra Prawira @nabila.....nde itu bisa dijelaskan...bukan klinis....tapi tdk bisa dibuktikan scr sains
February 18 at 12:58pm · Like

113.             
Nabilla Khudori Yang saya baca gitu sih, kematian beberapa jam atau hari itu disebut kematian klinis.Tapi ya benar, sains sudah memberi penjelasan kenapa hal itu bisa terjadi.
February 18 at 1:00pm · Like · 1

114.             
Sastra Prawira http://science.howstuffworks.com/.../near-death...
February 18 at 1:02pm · Like

115.             
Sastra Prawira kalau mau baca versi indonesia bisa gabung disini http://www.facebook.com/groups/196143033879559/
February 18 at 1:04pm · Like

116.             
Mathias Wahyudi memang ilmu pengetahuan berbeda dri agama jd tdak alasan mengatakan tuhan tdak ada krna tdak bisa dibuktikan dengan ilmu pengetahuan....
February 18 at 1:07pm · Like

117.             
Nabilla Khudori Menurut saya sih masih kurang jelas karena semua pengalaman yang disebut spiritual, sains bisa menjelaskan secara lebih masuk akal. Bahkan salah satu kejadian seperti melihat cahaya terang saat mendekati kematian, yang sering disebut orang sebagai "malaikat", itu ternyata hanya reaksi kimia di otak.
February 18 at 1:07pm · Like · 2

118.             
Mathias Wahyudi ilmu pengetahuan bertolak dari rasa tdak percya lalu dibuktikan secara ilmiah... tapi agama dimulai dengan rasa percaya bru dibuktikan srca ilmiah, yg dibuktikan dsni ajaran ny bukan eksistensi tuhan nya...
February 18 at 1:11pm · Like

119.             
Nabilla Khudori Mathias Wahyudi gini ya, saya mengerti Anda masih mempercayai sesuatu di luar akal,tetapi, apakah Anda akan mempertahankan keyakinan yang membatasi diri Anda sendiri? Ada sebuah penelitian tentang hubungan kecerdasan dengan religiusitas, dan hasilnya seperti ini.... kalau keliatan link nya silahkan dicek
Nabilla Khudori's photo.
February 18 at 1:11pm · Like · 1

120.             
Nabilla Khudori Ini dari kompas juga, tapi udah agak lama terbitnya...beberapa bulan lalu...
February 18 at 1:12pm · Like

121.             
Mathias Wahyudi banyak manusia yg cerdas tetap beragama wlpun tdak mendalam agama ny...
February 18 at 1:14pm · Like

122.             
Mathias Wahyudi coba kalian renungkan apa sih hakikat dari hidup ? apa kah kita hidup hanya krna mengikuti hukum alam? siapa kita? apa kita hanya kumpulan tulang, daging dan darah yg dijalankan oleh otak ukuran ny kecil itu? saat merenung hilangkan semua persepsi anggap anda tdak tahu apa2 buat lah pertanyaan yang lebih mendetail.....
February 18 at 1:20pm · Like

123.             
Anugrah Simanjuntak ►►
dan apakah kita hidup hanya menyembah Tuhan dan mengikuti agama ?
February 18 at 1:21pm · Like

124.             
Sastra Prawira mas mathias kalau mau diskusi disini nyambung....keyakinan nya simpen dulu....debat disini bkn utk mempengaruhi yg theis jadi atheis
February 18 at 1:23pm · Edited · Like

125.             
Mathias Wahyudi tdak ada yg bilang kita hidup hanya untuk menyembah tuhan dan agama....
February 18 at 1:24pm · Like

126.             
Mathias Wahyudi siapa yg mau mempengruhi theis jd atheis sya percya adanya tuhan mengapa sya harus nyru orng jd atheis....
February 18 at 1:25pm · Like

127.             
Sastra Prawira kan org bisa baca komentar sampean......spt paranoid
February 18 at 1:26pm · Like

128.             
Mathias Wahyudi siapa yg paranoid? tdak ada yg melarang untuk berkomentar disini bebas berargument dan orng lain menilai ... ngpa anda jd mendiskriminasi? kalau komentar saya slah silakan dibenarkan.... simpel kan
February 18 at 1:30pm · Like

129.             
Sastra Prawira mas nabila kasih link diata, knp tdk dibaca dulu....? knp langsung bikin pernyatan yg gak nyambung..?
February 18 at 1:32pm · Like

130.             
Sastra Prawira ini link nya baca dulu...baru komen http://sains.kompas.com/.../Studi.Religiusitas...
February 18 at 1:33pm · Like

131.             
Deny Notonegoro http://media.isnet.org/islam/gapai/TuhanIlmuwan.html
February 18 at 1:40pm · Like · 1

132.             
Mathias Wahyudi gx nymbung apa nya... sya mengatakan orang religius banyak yg cerdas dan penjahat2 yg tdak percya tuhan pun banyak yg kurang cerdas.... smua itu bersifat relatif mas... apa mereka sudah meneliti seluruh manusia didunia? anda baca pernyataan paling bwah dari link nya...
February 18 at 1:43pm · Like

133.             
Sastra Prawira gpp mas kalau ga setuju.....itu kan hak sampean
February 18 at 2:10pm · Like

134.             
Mathias Wahyudi gx usa diskusi kalau gitu....
February 18 at 2:22pm · Like

135.             
Sastra Prawira santai mas mat... pisss heheheh
February 18 at 2:25pm · Like

136.             
Nabilla Khudori Belajar menerima perbedaan yuk, pendapat boleh beda, tapi bisa dibicarakan. Pertama,mas Mathias, saya tidak berharap Anda akan langsung bisa menerima hasil dari penelitian yang berlawanan dengan doktrin Anda. Namun satu hal,mas,sikap primordial (boleh google artinya) tidak membantu dalam kehidupan. Sains, akan selalu berkembang. Penelitian yang sama terus dikembangkan, saya janji akan share lagi penelitian-penelitian yang serupa, karena saya pernah membaca, namun tidak saya simpan. Dan satu lagi, saya janji memberikan link yang reliable/bisa dipercaya. Saya juga mengharap mas Deny juga melakukan hal yang sama, carilah link yang netral, bisa dipercaya, karena 2 link yang mas beri itu, mohon maaf, tidak bisa diterima sebagai dasar sains.
February 19 at 3:52am · Like

137.             
Hûr ‘În Ateis percaya, bahwa sesuatu yang fana seperti dirinya, bisa ada tanpa ada yang mengadakan. Tring.
February 19 at 4:25am · Like

138.             
Hûr ‘În Seperti permainan sulap tanpa ada tukang sulap. Jadi, tring begitu saja. Atau seperti hotel berbintang lima tanpa arsitek maupun pekerja. Tring.
February 19 at 4:26am · Like

139.             
Nabilla Khudori alam yang membuat kita seperti ini, tidak ada sulap. Evolusi, seleksi alam, itulah yang menjadikan kita seperti ini. Anda pernah melihat sulap yang berlangsung selama miliaran tahun? Ya, itulah proses terbentuknya manusia.
February 19 at 4:28am · Like

140.             
Nabilla Khudori Sulap itu membuat alam semesta dalam 6 hari, 7 hari. Logika adalah alam semesta butuh bermiliar-miliar tahun hingga menjadi seperti ini.
February 19 at 4:36am · Like

141.             
Hûr ‘În **alam yang membuat kita seperti ini, tidak ada sulap.**

Alam hanya bisa melakukan hal-hal yang sederhana, monoton. Sebab pekerjaan yang komplek membutuhkan subjek yang memiliki kehendak, hidup, dan cerdas. Makanya alam tidak pernah bisa membuat kulkas.

**Evolusi, seleksi alam, itulah yang menjadikan kita seperti ini.**

Evolusi, seleksi alam, adalah teori yang sampai saat ini tidak bisa dibuktikan. Kera jadi manusia melalui seleksi alam, itu "khayalan" yang bersifat kemungkinan, bukan kepastian ilmiah.

**Anda pernah melihat sulap yang berlangsung selama miliaran tahun? Ya, itulah proses terbentuknya manusia.**

Dan sulap selalu ada tukangnya. Biasa disebut tukang sulap. Sekarang mereka menyebut diri mentalis.
February 22 at 7:34am · Edited · Like

142.             
Nabilla Khudori Wah, jadi penjelasannya mesti diulang nih? Alam tidak bisa membuat kulkas? Siapa yang bisa membuat kulkas? Manusia? Mau tahu rasanya jadi manusia yang hidup tanpa alam? Makan apa? Pakai apa? Siapa yang menyediakan semua kebutuhan manusia jika bukan alam? Manusia jadi seperti ini juga karena seleksialam, hingga kita bisa berevolusi, menyesuaikan diri dengan lingkungan, setiap waktu. Satu lagi kesombongan manusia....
February 19 at 4:45am · Like

143.             
Nabilla Khudori Kayaknya juga ketinggalan berita nih....bentuk awal manusia bukan kera, tapi bakteri! Dulu bakteri bernafas dengan karbondioksida, namun, muncul pencemaran oksigen di muka bumi. Akhirnya berevolusi menjadi 2 jenis, bakteri anaerob dan aerob. Bakteri aerob berevolusi lagi menjadi beragam mahkluk, termasuk makhluk air dan kera, dan kemudian berevolusi terus hingga berbentuk menjadi seperti sekarang. Jika manusia tidak berevolusi dari kera, bisa jelaskan mengapa DNA manusia 98% mirip simpanse? Ini bukan khayalan, tapi hasil penelitian, dan masih terus dikembangkan.
February 19 at 4:50am · Like · 1

144.             
Nabilla Khudori Hahahaha....tampaknya Anda kurang memahami sarkasme. Tidak ada sulap. Tidak ada mentalis dalam penciptaan manusia, semua terjadi perlahan-lahan selama miliaran tahun.
February 19 at 4:51am · Like

145.             
Hûr ‘În **Wah, jadi penjelasannya mesti diulang nih? Alam tidak bisa membuat kulkas? Siapa yang bisa membuat kulkas? Manusia? Mau tahu rasanya jadi manusia yang hidup tanpa alam? Makan apa? Pakai apa? Siapa yang menyediakan semua kebutuhan manusia jika bukan alam? Manusia jadi seperti ini juga karena seleksialam, hingga kita bisa berevolusi, menyesuaikan diri dengan lingkungan, setiap waktu. Satu lagi kesombongan manusia....**

Buktikan saja kalau alam bisa membuat kulkas. Jangan banyak berkhayal.
February 19 at 4:52am · Like

146.             
Hûr ‘În **Kayaknya juga ketinggalan berita nih....bentuk awal manusia bukan kera, tapi bakteri!**

So? Tetap saja anda menyatakan manusia adalah perkembangan lanjut dari kera.

**Dulu bakteri bernafas dengan karbondioksida, namun, muncul pencemaran oksigen di muka bumi. Akhirnya berevolusi menjadi 2 jenis, bakteri anaerob dan aerob. Bakteri aerob berevolusi lagi menjadi beragam mahkluk, termasuk makhluk air dan kera, dan kemudian berevolusi terus hingga berbentuk menjadi seperti sekarang.**

Bla...bla...bla... khayalan anda bisa diperpanjang, tetapi tetap tidak bisa anda buktikan. Bahkan ilmuwan tercanggih pun tak akan mampu membuktikannya, kecuali berkhayal (mereka menyebutnya berteori)

**Jika manusia tidak berevolusi dari kera, bisa jelaskan mengapa DNA manusia 98% mirip simpanse? Ini bukan khayalan, tapi hasil penelitian, dan masih terus dikembangkan.**

Dulu saya punya kelereng yang berukuran sama dengan warna yang sedikit berbeda. Saya tidak bisa memprosentasekannya. Tapi taruhlah saya akan mengatakannya seperti anda, warnanya 95% sama. Saya tidak berpikir kelereng yang satu telah berevolusi menjadi kelereng yang lain. Betapa bodohnyakah saya karena menolak evolusi kelereng?
February 19 at 4:58am · Edited · Like · 1

147.             
Nabilla Khudori Lho, manusia bukan bagian dari alam to? Apakah manusia itu makhluk independen yang mampu bertahan tanpa alam?

Jadi,menurut Anda sebuah hasil penelitian hanyalah khayalan para ilmuwan? Oke, jika evolusi adalah teori, gravitasi juga teori. Sama, bisa dicek kebenarannya. Evolusi bisa dicek dengan penelitian jejak sejarah kehidupan dari masa lampau, gravitasi juga bisa dicek. Jika teori hanya khayalan, maukah Anda mencoba melompat dari gedung tinggi dan membuktikan bahwa tidak ada yang namanya gravitasi?

Wow...saya tidak akan membodohkan Anda karena menolak evolusi kelereng. Kelereng bukan mahkluk hidup, mereka tidak hidup. Yang bisa berevolusi hanyalah makhluk hidup.
February 19 at 5:07am · Like

148.             
Hûr ‘În **Lho, manusia bukan bagian dari alam to? Apakah manusia itu makhluk independen yang mampu bertahan tanpa alam?**

Siapa yang bilang manusia bukan bagian dari alam? Manusia bagian dari alam. Lalu apa?

**Jadi,menurut Anda sebuah hasil penelitian hanyalah khayalan para ilmuwan? Oke, jika evolusi adalah teori, gravitasi juga teori. Sama, bisa dicek kebenarannya. Evolusi bisa dicek dengan penelitian jejak sejarah kehidupan dari masa lampau, gravitasi juga bisa dicek. Jika teori hanya khayalan, maukah Anda mencoba melompat dari gedung tinggi dan membuktikan bahwa tidak ada yang namanya gravitasi?**

Evolusi tidak bisa disamakan dengan gravitasi. Evolusi, seperti yang anda sebut, adalah "sejarah", bagian dari masa lalu. Anda tidak bisa membuktikannya sekarang dengan pembuktian ilmiah dan kasat mata. Sedangkan gravitasi, saya bisa membuktikannya dengan kasat mata. Berkali-kali saya menjatuhkan hp ke kasur, sehingga saya percaya, ada suatu "tenaga" yang menyedot hp saya itu ke bawah.

**Wow...saya tidak akan membodohkan Anda karena menolak evolusi kelereng. Kelereng bukan mahkluk hidup, mereka tidak hidup. Yang bisa berevolusi hanyalah makhluk hidup.**

Jadi, makhluk hidup itu sejak awalnya memang hidup, atau berasal dari makhluk mati? Jika berasal dari makhluk mati, apakah yang anda maksud adalah: benda mati hanya bisa berevolusi menjadi makhluk hidup, alias: benda mati tidak bisa berevolusi menjadi makhluk mati lainnya?
February 19 at 5:31am · Like · 2

149.             
Mathias Wahyudi gravitasi itu hukum mas bukan teori dskolah anda disebut teori gravitasi ya? yang bener itu hukum gravitasi.. contoh lain teori itu seperti big bang, evolusi
February 19 at 5:32am · Unlike · 1

150.             
Mathias Wahyudi buat mas nabila orang theis tdak smua terdoktrin... banyak jg yg memikirkan agama nya dan menemukan kbenaran didalam nya.... anda jg sudah terdoktrin oleh ilmu pengetahuan smpai2 smua harus dibuktikan secara ilmiah? brapa umur anda mas? sdah berapa lama anda mencri kbenaran tuhan? apa saja yg sudah anda lakukan dalam mencarinya? semakin banyak yg anda tau semakin banyak pula anda tdak tahu, semakin tinggi anda terbang semakin sadar betapa rendah nya anda....
February 19 at 5:44am · Like

151.             
Mathias Wahyudi saran buat para atheis kalau mau cari info digoogle jngan cri yg kontra saja cari jg yg pro lalu bndingkan mna yg lebih bisa diterima .... kalau anda hanya mencari yg kontra anda jg sudah terdoktrin... kepercayaan itu hal yg sakral mas jngan serahkan pada google kepercayaan anda...
February 19 at 5:50am · Like

152.             
Sastra Prawira lebih baik mana..? di doktrin yg bisa diterima akal sehat atau didoktrin tanpa akal sehat dan dipaksa harus percaya karena sdh menjadi dogma..... ??
February 19 at 10:18am · Like

153.             
Sastra Prawira saran utk theis, utk memberikan argumen dgn fakta.....itu kekurangan kaum theis.
February 19 at 10:27am · Like

154.             
Mathias Wahyudi blum pham jg apa itu akal sehat ya... dsni cpa yg didoktrin?
February 19 at 12:56pm · Like

155.             
Arfiantriono saran untuk teis, ngebom bunuh diri aja di afganistan sana!
February 19 at 1:31pm · Like

156.             
Nabilla Khudori Hûr ‘În saya sebenarnya expect jawaban yang lebih logis dari Anda. Jika manusia bagian dari alam, maka sudah terjawab bagaimana alam membuat kulkas.

Ini bukti evolusi :
http://sains.kompas.com/.../Inilah.Sosok.Nenek.Moyang...
masih nggak percaya evolusi?

Sekali lagi saya katakan, asal muasal kehidupan sedang dalam masa penelitian.Saya tidak berhak menjawab karena kebenaran belum terungkap secara pasti. Tidak baik jika memberikan suatu keterangan yang tidak valid kepada orang lain, artinya menyesatkan.

157.             
Mathias Wahyudi hehehehe,saya boleh ketawa dulu ya.....
gravitasi berawal dari teori, tidak sejak awal keberadaan manusia istilah gravitasi dikenal dan disetujui definisinya.

Dan kenapa saya memilih memikirkan semua hal secara ilmiah karena saya tidak ingin memiliki persepsi ragu-ragu apalagi salah, contohnya seperti Anda yang memanggil saya Mas, sedangkan saya adalah seorang wanita. That's why research needed. Bermain persepsi bisa berbahaya.

Ilmu pengetahuan berani mengakui kekurangan, berani mengakui kesalahan. Saya juga akan mengkoreksi pendapat dan perkataan saya jika memang terbukti salah. Tapi, apakah sebuah kitab suci, contohnya, pernah "diedit" karena terbukti salah?

Dan, maaf, saya harus mengkoreksi lagi. Kami tidak memberi bukti yang pro pada pendapat kami, tetapi bukti yang netral tanpa persepsi. Apa adanya. Semua yang saya share disini telah dibuktikan oleh para ahli, jadi dapat dipertanggungjawabkan dan valid.
February 20 at 1:59am · Like

158.             
Nabilla Khudori Hûr ‘În sekali lagi saya katakan, awal kehidupan sedang dalam penelitian. Para ahli pun belum tahu jawaban pasti, jadi saya tidak berhak memberi keterangan tentang ini, karena jawabannya akan menjadi tidak valid
February 20 at 2:02am · Like

159.             
Nabilla Khudori Mathias Wahyudi Gravitasi dimulai dari teori. Kemudian diadakan penelitian sehingga dapat diambil kesimpulan dan disepakati kebenarannya.

Mengapa saya memilih berpikir secara ilmiah? Pertama,Karena saya sebisa mungkin menghindari persepsi, keragu-raguan, terutama, kesalahan. Contohnya, seperti Anda yang memanggil saya dengan sebutan Mas, padahal saya seorang PEREMPUAN. Itulah mengapa riset dan fakta lebih baik daripada persepsi. Kedua, sifat ilmiah adalah bersedia mengoreksi kesalahan jika terbukti tidak benar. Berbeda dengan misalnya, kitab suci, tidak akan ada koreksi walaupun ditemukan kesalahan.

Saya selalu berusaha memberikan sumber yang valid dalam setiap pendapat. Valid berarti dapat dibuktikan, dipertanggungjawabkan. Dan yang paling penting, sumber itu netral, ilmu pengetahuan itu netral, karena apa yang ada, itulah yang ia jelaskan.
February 20 at 2:09am · Like

160.             
Mathias Wahyudi Awal kehidupan selamanya akan jadi teori... Foto anda laki jd wajar saya panggil mas... Jika kitab suci salah tdak harus dikoreksi ... Cukup tdak usa dipercyai lgi... Gravitasi itu hanya istilahnya saja tapi hukum nya tetap ada sejak bumi terbentuk.... Kalian hanya memberi bukti kehebatan ilmu pengetahuan tetapi tdak ketiaadan tuhan...
February 20 at 6:40am · Like

161.             
Mathias Wahyudi Hahahaha
Buat Nabilla Khudori mau mas apa mbak terserah... Berapa umur anda? Sudah brapa lama anda mencari kbenaran tuhan? Atau anda hanya duduj didepan komputer dengan modal internet cari informasi kemudian anda mengklaim tuhan tdak ada.... Kalau sesimpel itu sampai kpn pun anda tdaj akan tau tuhan itu ada atau tdak....
February 20 at 6:50am · Like

162.             
Sastra Prawira bisa tahu dari mana itu hukum kalau bkn dari teory awalnya..?
February 20 at 6:59am · Like

163.             
Mathias Wahyudi Sebelum teori ada hukum nya sudah berlaku... Hanya manusianya yg tdak tau... Kalau evolusi slamanya jd teori...
February 20 at 7:11am · Like

164.             
Sastra Prawira sampean pinter nge less yah... apa salahnya sih ngaku salah
February 20 at 7:19am · Like

165.             
Mathias Wahyudi Dmn ny yg slah?
February 20 at 8:17am · Like

166.             
Nabilla Khudori Mathias Wahyudi Wah, sangat khas theis dan ajarannya, tidak akan ngaku salah. Apakah Anda tidak diajari untuk meminta maaf jika salah? Kitab suci Anda tidak mengajarkan begitu? Apakah Anda pernah sekedar klik saja di nama saya, dan menemukan bahwa tidak hanya foto laki-laki di situ?

Pertama,mas, tidak perlu membuktikan ketidakberadaan sesuatu yang tidak ada. Kedua, jika belum yakin ilmu pengetahuan tidak akan memberi keterangan ngawur/ngaco yang menyebabkan kesimpangsiuran informasi. Jadi, selama itu masih dalam penelitian, statusnya masih belum ditemukan, bukan tidak ditemukan.

Apakah saya terlihat seperti 24jam di depan komputer dan hanya searching dari website? Jika ya, pasti saya akan segera merespon setiap kali Anda berkomentar, tapi sepertinya Anda lebih rajin online. Jika saya mengatakan pengalaman pribadi, apakah Anda percaya? Orang bodoh pun tahu untuk tidak terlalu percaya cerita pengalaman pribadi. Maka,saya bawa bukti yang valid kepada Anda.Yang bisa diterima semua orang, bukan malah curhat kehidupan pribadi saya.

Masih tidak percaya evolusi. Itu lho, ada linknya, saya sudah kasih, klik saja. Evolusi memang terjadi. Bagaimana Anda bisa mempercayai keberadaan sesuatu yang tidak ada buktinya, hanya disuruh percaya, namun tidak mempercayai sesuatu yang telah saya beri buktinya? Kalau istilah ilmiahnya,mas, namanya primordial, masyarakat seperti Anda. Cek deh artinya.
February 20 at 10:33am · Like

167.             
Nabilla Khudori Kitab suci tidak pernah salah? Saya coba kasih potongan dari sebuah blog agamis yang mengkampanyekan anti pornografi. Hasilnya menurut saya : WAJAR SAJA TKI BANYAK YANG DIPERKOSA. Cek aja ayatnya :
Nabilla Khudori's photo.
February 20 at 10:41am · Like · 1

168.             
Nabilla Khudori Boleh menggauli istri dan budak. Bisa dibayangkan jika diterapkan di era sekarang? Ya, pemerkosaan terhadap pembantu! Dan kata-kata istri-istri sangat mengganggu bagi saya. Dalam agama boleh punya lebih dari satu istri. Padahal, tidak ada alasan yang tepat bagi orang yang berpologami kecuali mentalnya perlu dicek. Tidak ada wanita yang benar-benar rela dimadu, mengapa tuhan tidak memikirkan perasaan para wanita? atau memang ayat ini dikarang oleh seseorang yang gemar berpoligami? Atau karena belum ditemukan bahwa berganti-ganti pasangan menyebabkan AIDS?
February 20 at 10:46am · Like

169.             
Mathias Wahyudi Jika pendapat anda menyatakn itu slah, mengpa dengab agama yg lain... Apa slah agama yg lain... Sudah sebatas mna anda mencri keberadaan tuhan? silakan bagi pengaman anda yg buat anda tdak percya dengan tuhan muda2an jd inspirasi buat yg lain...
February 20 at 10:55am · Like

170.             
Nabilla Khudori misionaris. jangan kira saya hanya main ke masjid aja. saya pernah ke gereja, kelenteng, pura. Saya punya teman dari masing-masing. Saya pernah ikut ibadah dulu waktu masih theis. Tapi ya ndak ada apa-apa,ndak ada perubahan. Nggak ngaruh. Saya baca kitab sucinya, terutama aliran timur tengah, dan mendapati 2 agama itu saling ngejek cuma karena masalah istri muda dan istri tua, konyol. Makanya saya memilih penjelasan yang lebih logis dan diterima akal sehat.
February 20 at 11:04am · Like

171.             
Mathias Wahyudi 2 agama yg mn? Sebutkan kesalahan tiap2 agama smpai.anda tdak mempercayainya... Wktu msh teis apa agama anda? Sya ingin tau kesalahan ny pda diri anda atau memang agama nya yg salah...
February 20 at 12:35pm · Like

172.             
Nabilla Khudori 2 agama ibrahim/abraham. Saya baca kitab keduanya. Sama-sama punya cerita tentang penyembelihan anak Ibrahim/Abraham. Salah satu kitab mengatakan bahwa Sarah bersikap jahat pada Hagar/Hajar, sedangkan yang satunya mengatakan Hagar/Hajarlah yang jahat. Kemudian yang satu mengatakan bahwa Ismail yang akan disembelih, sedangkan yang satu mengatakan bahwa Isaac/Ishak lah yang akan disembelih. Jadi,ini hanyalah masalah istri muda vs istri tua Abraham. Dan ngapain 2 anak Abraham rebutan buat disembelih? Mendingan bobo daripada mikirin itu. Atau baca sains yang lebih pasti.
February 20 at 12:41pm · Like

173.             
Nabilla Khudori Mau bukti lain?
Nabilla Khudori's photo.
February 20 at 12:44pm · Like

174.             
Mathias Wahyudi Itu yg buat anda tdak percya tuhan? Bgaimana dengan agama yg lain?
February 20 at 12:45pm · Like

175.             
Nabilla Khudori Agama yang lain juga belum membuktikan keberadaan tuhannya. Saya belum pernah bertenu krishna selain di kartun tv, zeus and the gang malah sudah diakui bahwa itu sekedar mitos, Dewa2 Mesir juga. Jangankan tuhan,setan pun saya belum pernah ketemu.
February 20 at 12:47pm · Like

176.             
Mathias Wahyudi Kalau sya bisa melihat tuhan sya tdak akan percya dia tuhan... Untuk membuktikan kehidupan setelah mati silakan mati dlu... Bgitu kan yg anda maksud ilmiah dan bsa dibuktikan? Atau anda mau buktikan tuhan dengan bhan kimia? Apa dengan mesin anda mau melihat tuhan... Jngan buat sya tertawa.... Ketidakmampuan kita membuktikan keberadaan nya bukan berarti kita bisa menyimpulkan dia tidak ada....
February 20 at 12:55pm · Like

177.             
Nabilla Khudori Jadi, apa buktinya tuhan ada?
February 20 at 12:57pm · Like

178.             
Nabilla Khudori Oh,please,ini klise sekali. Yang lebih rasional.Bahkan emosi dan moral bisa dijelaskan secara ilmiah, mengapa tuhan tidak? Apa buktinya tuhan menciptakan alam semesta?
February 20 at 1:04pm · Like

179.             
Mathias Wahyudi Ilmiah hanya untuk ciptaan bukan sang pencipta... Kalau tuhan ilmiah apa beda ny dengan kita.. Sya tdak akan percaya kalau tuhan yg ilmiah.... Tuhan ilmiah psti bukan tuhan....
February 20 at 1:45pm · Like

180.             
Nabilla Khudori lalu bagaimana anda tahu sedang dibohongi atau tidak jika tidak ada buktinya?
February 20 at 1:48pm · Like

181.             
Sastra Prawira terus terang itu ayat di atas...bikin sy kaget....baru tahu soalnya.......enak bener itu arabs......parah!!!!

February 20 at 2:13pm · Like

182.             
Nabilla Khudori hehehe...kesimpulannya, moral nggak datang dari religi, ya kan?
February 20 at 2:28pm · Like

183.             
Mathias Wahyudi Siapa jg yg sedang bohongin sya? Meyakini tuhan itu ada dtng nya harus dari dri sendiri .... Sya tidak mau berkomentar tentang ajaran agama mna saja...
February 20 at 2:40pm · Like

184.             
Nabilla Khudori
Nabilla Khudori's photo.
February 20 at 2:43pm · Like

185.             
Nabilla Khudori Mau yakin gimana kalau ndak ada bukti? Lha wong polisi mau nangkap penjahat aja harus ada buktinya, biar tahu siapa yang melakukan. Pakai investigasi. Ilmiah juga itu.... bayangkan kalau seseorang ditangkap polisi hanya karena si polisi yakin kalau orang itu yang salah, tanpa bukti. Ya, jadi dagelan...
February 20 at 2:46pm · Like

186.             
Sastra Prawira kalau mas @mat...yakin karena doktrin nya sdh menjadi dogma.....#been there done that.... artinya sy pernah di posisi nya.
February 20 at 2:58pm · Edited · Like

187.             
Mathias Wahyudi Biar bis dibukti kn anda mau tuhan dtng pda anda trus bilang aku tuhan gtu?... Jngan ngelawak deh.... Presiden aj mau nyalonkan diri tdK didatangi setiap invidu rakyat ny... Apalagi sang pencipta penguasa seluruh alam....
February 20 at 3:24pm · Like

188.             
Nabilla Khudori hihihihi...lha justru Anda yang lucu. Kok bisa presiden nggak datang, lah itu, iklan-iklan di tv? Itu sudah bentuk perwakilan. Orangnya nyata, bukan kartun, dia juga ngomong, isinya propaganda, ya itu wujud dia, jadi saya tahu dia ada dan mau mencalonkan diri jadi presiden.
February 20 at 3:27pm · Like

189.             
Mathias Wahyudi Anda mau tuhan gtu? Msuk tv bilang kalau dia tuhan... Yg kyk gtu msuk akal? Haha
February 20 at 4:13pm · Like

190.             
Nabilla Khudori Weeehh, logikanya mana ya. Lha tadi anda sendiri yang bikin analogi tuhan dengan presiden. kalau cara tuhan gimana kan ya ndak tahu, itu tugas anda untuk membuktikan, kalau menurut saya sih, ndak ada buktinya, wong memang nggak ada.
February 20 at 4:15pm · Like

191.             
Hûr ‘În **Hûr ‘În saya sebenarnya expect jawaban yang lebih logis dari Anda. Jika manusia bagian dari alam, maka sudah terjawab bagaimana alam membuat kulkas.**

Mana jawabannya? Anda kok bilang sudah terjawab, tetapi tidak ada jawabannya?

Lewat tangan manusia? Padahal anda pun tahu bedanya manusia dengan alam. (Alam di sini harus anda pahami sebagai sesuatu yang selain manusia, karena kita sedang membandingkan antara alam dengan manusia)

Atau anda memang belum tahu bedanya manusia dengan selain manusia di alam ini?

Manusia punya kesadaran, sedangkan selain manusia: Tidak.
February 21 at 7:15am · Like

192.             
Hûr ‘În **Ini bukti evolusi :
http://sains.kompas.com/.../Inilah.Sosok.Nenek.Moyang...
masih nggak percaya evolusi?**

Saya tanggapi belakangan, in sya ALlah.

Kompas.com Sains
sains.kompas.com
Kompas.com is Indonesia leading & most credible news and multimedia portal. Previously known as Kompas Cyber Media or Kompas Online. Established in 1995, Kompas.com was reborn in May 2008 with improved contents and architecture. Kompas.com is an affiliate of Kompas Gramedia Digital Group
February 21 at 7:18am · Like · Remove Preview

193.             
Hûr ‘În **Sekali lagi saya katakan, asal muasal kehidupan sedang dalam masa penelitian.Saya tidak berhak menjawab karena kebenaran belum terungkap secara pasti. Tidak baik jika memberikan suatu keterangan yang tidak valid kepada orang lain, artinya menyesatkan.**

Jangankan asal-usul manusia, membuktikan adanya evolusi saja tidak bisa dilakukan oleh anda maupun para saintis.
February 21 at 7:19am · Like


194.             
Hûr ‘În Artikel berikut ini paling jauh hanya bisa membuktikan: telah ditemukannya FOSIL yang saat ini DIANGGAP KARNIVORA TERTUA. Sama sekali tidak membuktikan adanya EVOLUSI!

Simak baik-baik, mana bagian yang mendukung adanya teori evolusi?

[KOMPAS.com — Ilmuwan Belgia berhasil menemukan nenek moyang dari singa, anjing, dan harimau yang sekaligus merupakan karnivor pertama di dunia.

Karnivor pertama di dunia tersebut dinamai Dormaalocyon latouri, penghuni pohon yang ternyata cuma punya berat 1 kilogram dan hidup 55 juta tahun lalu.

"Moyang singa itu tidak menakutkan, tidak mengerikan," kata Floreal Sole, paleontolog dari Royal Belgian Institute of Natural Science di Brussels yang menemukannya.

Spesies yang menjadi moyang karnivor itu ditemukan lewat analisis fosil yang dijumpai di wilayah Dormaal, Belgia, sebelah timur Brussels.

Situs tersebut ditemukan pada tahun 1880-an. Sejauh ini, lewat analisis fosil, ilmuwan berhasil mengungkap adanya 40 jenis hewan purba di situs itu.

Sole dan rekannya, Richard Smith, menyaring 14.000 sampel gigi di tanah Dormaal. Di antara sejumlah gigi itu, 280 merupakan spesimen baru milik D latouri.

Dengan bantuan spesimen gigi dan tulang pergelangan kaki yang juga ditemukan, ilmuwan menetapkan karakteristik D latouri.

Fosil tulang gigi menunjukkan bahwa D latouri mempunyai gigi yang sangat primitif.

Sementara tulang pergelangan kaki menunjukkan, hewan ini bergerak di pohon. Ada kemungkinan spesies ini menyerupai harimau kumbang kecil, punya kumis bak kucing dan ekor panjang.

Analisis di situs Dormaal memberi petunjuk bahwa situs itu dahulu merupakan lingkungan yang hangat dan basah.

Gregg Gunnell dari Duke Lemur Center di North Carolina yang tak terlibat studi mengatakan, studi ini mengonfirmasi banyaknya jenis karnivor yang muncul pada masa Paleocene.

"Ini menunjukkan bahwa sudah ada banyak keragaman pada masa awal Eocene dan kami tak tahu dari mana itu berasal," ungkapnya seperti dikutip Livescience, Senin (6/1/2014).

Paleocene adalah masa 65 - 56 juta tahun yang lalu. Sementara Eocene adalah masa antara 56 - 33,9 juta tahun lalu.

Penemuan karnivor tertua ini dipublikasikan di Journal of Vertebrate Paleontology yang terbit Senin kemarin.]
February 21 at 7:23am · Like

195.             
Hûr ‘În ** Hûr ‘În sekali lagi saya katakan, awal kehidupan sedang dalam penelitian. Para ahli pun belum tahu jawaban pasti, jadi saya tidak berhak memberi keterangan tentang ini, karena jawabannya akan menjadi tidak valid**

Pernyataan anda ini, Nabilla Khudori, untuk menanggapi pertanyaan saya yang ini ya?

(Jadi, makhluk hidup itu sejak awalnya memang hidup, atau berasal dari makhluk mati? Jika berasal dari makhluk mati, apakah yang anda maksud adalah: benda mati hanya bisa berevolusi menjadi makhluk hidup, alias: benda mati tidak bisa berevolusi menjadi makhluk mati lainnya?)

Pertanyaan itu saya letakkan persis di bawah pernyataan anda:

** ...Yang bisa berevolusi hanyalah makhluk hidup**

Anda dengan percaya diri menyatakan demikian, padahal anda menyatakan tidak tahu asal-usul makhluk hidup. Jika anda merasa tidak tahu tentang asal-usul makhluk hidup (secara mekanistis), semestinya anda juga tidak tahu bahwa:

1--Makhluk hidup berasal dari makhluk hidup yang lain--

ataupun

2--Makhluk hidup berasal dari makhluk mati--

Jika anda tidak tahu satu pun dari 2 hal di atas, lalu bagaimana anda bisa tahu bahwa: *yang bisa berevolusi HANYALAH MAKHLUK HIDUP*?

Cobalah renungkan.
February 21 at 7:59am · Edited · Like · 1

196.             
Vibi ^ :2thumbup
February 21 at 7:36am · Like

197.             
Rifqiee Nurul Hidayat Diskusi serius paling ya berputar2 pada klaim kebenarannya masing2. pokok e diskusi seng progres titik lah lan produktif.. mau makan yo kudu seng iso di pangan lan enak rasane..
Agamis lan ateis iku yo podo ae. jaman jadul bahasan ngene iki. Haduh, Capek dech
February 21 at 9:33am · Like

198.             
Nabilla Khudori Hûr ‘În Anda benar-benar menghibur. Bukankah kemarin Anda setuju bahwa manusia adalah bagian dari alam? Kok bisa Anda menyebut hanya manusia yang memiliki kesadaran? Adakah buktinya? Bukti yang valid dong tentunya.

Bukankah nenek moyang itu sudah menyatakan suatu hubungan? Berarti ada garis keturunan di situ. Kalau hewan itu tidak berevolusi menjadi karnivora seperti sekarang, lalu darimana asalnya singa, harimau? Sains membuktikan berkali-kali kebenaran evolusi.

Jika sesuatu masih belum pasti, ya saya harus katakan itu belum ada jawabannya dan sedang dicari para ilmuwan. Tidak bisa dipaksakan dijawab, karena hasilnya akan menyesatkan. Sains bersedia mengoreksi dirinya jika salah, sains juga bersedia mengakui jika memang belum ditemukan jawabannya. Apa yang sudah diketahui ilmuwan, sudah saya jelaskan di atas.

Yang bisa berevolusi ya memang cuma mahkluk hidup. Apa Anda tahu bagaimana proses evolusi? Anda pasti ingat dengan istilah seleksi alam. Hanya mahkluk yang mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnyalah yang bisa bertahan hidup. Nah,proses adaptasi ini akhirnya membuahkan perubahan pada struktur tubuh mahkluk tersebut. Namun, tidak serta merta langsung terjadi. Perubahannya perlahan-lahan, mengalir melalui keturunan-keturunannya. Contohnya burung, memiliki nenek moyang yang sama, namun tempat hidup yang berbeda sehingga menghasilkan struktur tubuh yang berbeda. Evolusi merubah bukan satu individu lantas berubah, namun keturunannya yang berubah. Makanya hanya mahkluk hidup yang bisa berevolusi karena hanya mahkluk hidup yang bisa memiliki bereproduksi.
February 21 at 10:40am · Like

199.             
Naufal Faruq keren2..
February 21 at 1:57pm · Like

200.             
Hûr ‘În ** Anda benar-benar menghibur. Bukankah kemarin Anda setuju bahwa manusia adalah bagian dari alam? Kok bisa Anda menyebut hanya manusia yang memiliki kesadaran? Adakah buktinya? Bukti yang valid dong tentunya.**

Apakah suatu bagian, tidak boleh memiliki sifat khusus dibandingkan keseluruhannya, sehingga saya tidak boleh menyatakan bahwa hanya manusia (di alam ini) yang memiliki kesadaran? Tentu saja tidak. Seorang manusia memiliki kelebihan dibandingkan manusia yang lain. Padahal semuanya adalah bagian dari manusia.

Tentang kesadaran manusia, sebenarnya pernyataan saya yang ini: *Manusia punya kesadaran, sedangkan selain manusia: Tidak.* hanyalah kesimpulan tentang apa yang bisa diindera oleh panca-indera. Tetapi saya yakin, ada pihak lain yang memiliki kesadaran selain manusia, tetapi saya tidak bisa mencerapnya dengan panca-indera, melainkan dengan rasio.

Bagaimana dengan anda?

Apakah anda meyakini ada pihak lain yang berkesadaran selain manusia? Jika iya, apakah anda bisa melihatnya? Jika tidak, apa manfaat protes anda kepada saya tentang "manusia sebagai satu-satunya pihak yang berkesadaran"?
February 22 at 7:33am · Like · 1

201.             
Hûr ‘În **Bukankah nenek moyang itu sudah menyatakan suatu hubungan? Berarti ada garis keturunan di situ. **

Istilah "nenek-moyang" itu dinyatakan oleh ilmuwan karena melihat adanya kesamaan antara fosil dengan makhluk sekarang. Hanya menyebut istilah seperti itu, sama sekali tidak membuktikan adanya EVOLUSI TANPA PERAN SUBJEK LUAR.

Sepeda juga punya "nenek-moyang". (baca di sini http://id.wikipedia.org/wiki/Sepeda). Apa itu membuktikan bahwa sepeda berEVOLUSI TANPA PERAN SUBJEK LUAR?

**Kalau hewan itu tidak berevolusi menjadi karnivora seperti sekarang, lalu darimana asalnya singa, harimau?**

Banyak kemungkinan:

1. Masing-masing ibuat langsung oleh SUBJEK LUAR

2. Spesies yang satu adalah hasil evolusi dari spesies yang lain secara perlahan-lahan (seperti dalam teori evolusi). Tetapi kemungkinan ini masih tetap membutuhkan SUBJEK LUAR. Tidak bisa KEBETULAN.

3. Masing-masing spesies adalah hasil evolusi berbagai makhluk yang berbeda-beda. Misalnya: Singa dari bakteri. Harimau dari virus. Dan sebagainya. Bukankah evolusi mengenal KEBETULAN atau TIBA-TIBA? Nah, kemungkinan yang ketiga ini juga masuk akal secara KEBETULAN dan TIBA-TIBA. Bakteri KEBETULAN jadi Singa. Virus TIBA-TIBA jadi Harimau.

**Sains membuktikan berkali-kali kebenaran evolusi.**

Mana? Para saintis evolusionis hanya menemukan fosil, kemudian dicari kesamaannya dengan makhluk-makhluk yang sekarang masih ada (belum punah), tanpa pernah bisa membuktikan bahwa makhluk yang ditemukan fosilnya itu berubah menjadi makhluk yang ada sekarang. Kalau hanya itu yang anda sebut "berkali-kali membuktikan kebenaran evolusi", kelereng yang saya punya waktu kecil pun berevolusi. Dua printer yang ada di depan saya sekarang juga berevolusi. Karena masing-masing dari mereka memiliki kesamaan!

Sepeda - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas
id.wikipedia.org
Sepeda adalah kendaraan beroda dua atau tiga, mempunyai setang, tempat duduk, dan sepasang pengayuh yang digerakkan kaki untuk menjalankannya.[1]
February 22 at 7:50am · Like · 1 · Remove Preview

202.             
Hûr ‘În **Jika sesuatu masih belum pasti, ya saya harus katakan itu belum ada jawabannya dan sedang dicari para ilmuwan.**

Ya. Dan TEORI EVOLUSI pun belum pasti. Para ilmuwan belum pernah bisa membuktikannya.

**Tidak bisa dipaksakan dijawab, karena hasilnya akan menyesatkan.**

Karenanya, anda tidak semestinya menyesatkan orang lain dengan menyatakan bahwa teori evolusi adalah sebuah kebenaran. Itu masih dugaan. Tidak bisa anda paksakan.

**Sains bersedia mengoreksi dirinya jika salah, sains juga bersedia mengakui jika memang belum ditemukan jawabannya. Apa yang sudah diketahui ilmuwan, sudah saya jelaskan di atas.**

Jika salah, memang semestinya dikoreksi. Jika meragukan, jangan dianggap meyakinkan. Bahwa teori evolusi tidaklah meyakinkan, seharusnya juga anda akui.
February 22 at 7:53am · Like · 1

203.             
Hûr ‘În **Yang bisa berevolusi ya memang cuma mahkluk hidup.**

1. Konsekuensinya: Makhluk hidup berasal dari makhluk hidup lain, dan tidak mungkin berasal dari makhluk mati. Karena jika makhluk hidup berasal dari makhluk mati, maka pernyataan anda *Yang bisa berevolusi ya memang cuma mahkluk hidup* harus dibatalkan, karena ternyata makhluk mati bisa berevolusi menjadi makhluk hidup. Konsekuensi lanjutannya, di alam semesta ini tidak pernah tidak ada makhluk hidup. Anda setuju?

**Apa Anda tahu bagaimana proses evolusi? Anda pasti ingat dengan istilah seleksi alam. Hanya mahkluk yang mampu beradaptasi dengan lingkungan sekitarnyalah yang bisa bertahan hidup. Nah,proses adaptasi ini akhirnya membuahkan perubahan pada struktur tubuh mahkluk tersebut. Namun, tidak serta merta langsung terjadi. Perubahannya perlahan-lahan, mengalir melalui keturunan-keturunannya. Contohnya burung, memiliki nenek moyang yang sama, namun tempat hidup yang berbeda sehingga menghasilkan struktur tubuh yang berbeda. Evolusi merubah bukan satu individu lantas berubah, namun keturunannya yang berubah. Makanya hanya mahkluk hidup yang bisa berevolusi karena hanya mahkluk hidup yang bisa memiliki bereproduksi.**

2. Semua yang anda nyatakan di atas adalah analisis dan dugaan. Jika orang beragama yang menyatakannya, para ateis radikal pasti menyatakan itu adalah khayalan dan menuntut bukti ilmiah. Sekarang coba buktikan kepada saya bukti ilmiah evolusi seperti yang anda paparkan di atas.

3. Mengapa prosesnya harus perlahan-lahan, tidak bisa cepat? Apa yang menyebabkan anda yakin proses perlahan-lahan lebih mungkin dibandingkan proses yang cepat?
February 22 at 8:06am · Edited · Like · 1

204.             
Hûr ‘În Silakan, mas Nabilla Khudori.
February 22 at 8:07am · Like · 1

Tidak ada komentar:

Posting Komentar