Kamis, Juni 21, 2012

Hashr dalam Bahasa Arab (Ilmu Balaghah)


شرح كتاب قواعد اللغة العربية في النحو والصرف والبلاغة قسم البلاغة
)محمد بن صالح بن عثيمين(
Ini adalah terjemah Bab 4 dari kitab Syarh Qawa'id al-'Arabiyyah fi an-Nahw wa ash-Sharf wa al-Balaghah Qism al-Balaghah.

الباب الرابع
في القصر
BAB EMPAT
AL-QASHR
(المتن)
القصر: تخصيص شيء بشيء بطريق مخصوص
Matan
Al-Qashr: mengkhususkan sesuatu dengan sesuatu yang lain, dengan metode tertentu.

(الشرح)
انتبه إلى أن القصر يعني الحصر فهو يسمى حصراً ويسمى قصراً لأن الحصر قصر: قصر شيء على آخر فهما بمعنىً واحد.
Penjelasan
Perhatikan bahwa al-Qashr bermakna al-Hashr, sehingga sering disebut hashr, sering pula disebut qashr, karena al-Hashr adalah qashr: pembatasan sesuatu terhadap yang lain. Keduanya (hashr dan qashr) memiliki satu makna.

(المتن)
وينقسم إلى حقيقي وإضافي.
فالحقيقي ما كان الاختصاص فيه بحسب الواقع والحقيقة لا بحسب الإضافة إلى شيء آخر نحو: (لا كاتب في المدينة إلا علي) إذا لم يكن غيره فيها من الكتاب.
والإضافي ما كان الاختصاص فيه بحسب الإضافة إلى شيء معين نحو: (ما علي إلا قائم) أي أن له صفة القيام لا صفة القعود وليس الغرض نفي جميع الصفات عنه ما عدا صفة القيام.
Matan
Qashr dibagi menjadi haqîqî dan idhâfî. Qashr haqîqî adalah qashr yang pengkhususannya berdasarkan fakta dan kenyataan, bukan berdasarkan idhâfah (penyandaran) terhadap sesuatu yang lain. Contohnya: لا كاتب في المدينة إلا علي (Tidak ada penulis, kecuali Ali), jika memang tidak ada penulis lain selainnya. Qashr idhâfî, adalah yang pengkhususannya berdasarkan idhâfah kepada sesuatu yang tertentu. Contohnya: ما علي إلا قائم (Tidaklah Ali [melakukan hal lain, pent.] selain berdiri), artinya Ali memiliki sifat berdiri,  tidak duduk. Maksudnya bukan menafikan seluruh sifat yang dimiliki Ali selain sifat berdiri.

(الشرح)
القصر وهو الحصر: حقيقي وإضافي فإذا قلت: (لا إله إلا الله) فالحصر حقيقي لأن المقصود لا إله حقٌ إلا الله، وإذا قلت: (لا خالق إلا الله) فهو أيضاً حقيقي وإذا قلت: (لا ملك إلا فلان) وهو حقيقة ما فيه إلا ملك واحد فهو حقيقي، وإذا قلت: (لا معلم إلا فلان) وليس في البلد سواه، (ولا كاتب إلا فلان) ولا كاتب سواه، فهو حقيقي.
الإضافي هو ما كان محصوراً بالنسبة إلى شيء معين، إذا قلت: (لا جواد إلا حاتم) حاتم الطائي المعروف، هذا إضافي لأنه وُجِدَ أجواد كثيرون، لكن (لا جواد) مثلاً باعتبار المكان الذي هو فيه، باعتبار الزمان الذي هو فيه، باعتبار نوع من الجود.

فالإضافي ما كان الحصر فيه باعتبار شيء معين هذا هو الإضافي.
وأيهما الحصر الذي يقصد عند الإطلاق؟ الحقيقي، عند الإطلاق يحمل على الحقيقي فإذا تعذر حمله على الحقيقي قلنا هذا إضافي.
(ما علي إلا قائم) ما هو إلا قائم؟ هذا إضافي لأنه ضاحك، جائع، عطشان، باكٍ، له صفات كثيرة لكن هذا بالنسبة لأيش؟ لهذه الصفة المعينة يعني أنه قائم وليس بقاعد هذا الذي نسميه حصراً إضافياً.
فما كان الحصر فيه باعتبار الواقع فهو حقيقي وما كان الحصر فيه باعتبار شيء معين فهو إضافي.
Penjelasan
Al-Qashr, yaitu al-Hashr terbagi menjadi haqîqî dan idhâfî. Jika Anda katakan: لا إله الا الله (Tiada tuhan selain Allah), maka hashrnya adalah hashr haqîqî, karena maksudnya adalah tidak ada Tuhan yang benar kecuali Allah. Jika Anda katakan: لا خالق إلا الله (Tiada Sang Pencipta selain Allah), ini juga haqîqî. Jika Anda katakan: لا ملك إلا فلان (Tiada Raja selain si anu), dan memang kenyataannya tidak ada raja kecuali satu raja saja, maka ini haqîqî.
Hashr idhâfî adalah hashr yang dibatasi dengan cara disandarkan kepada sesuatu yang tertentu. Jika Anda berkata: لا جواد إلا حاتم (Tiada yang dermawan kecuali Hâtim), yaitu Hâtim ath-Thâ`î yang terkenal itu, maka ini hashr idhâfî, karena ada banyak orang lain yang dermawan. Tetapi maksudnya tidak ada yang dermawan di situ adalah dikaitkan dengan tempat di mana dia tinggal, dikaitkan dengan zaman ketika dia hidup, atau dikaitkan dengan jenis kedermawanannya. Jadi, hashr idhâfî adalah hashr yang pembatasannya dikaitkan dengan sesuatu yang tertentu. Inilah hashr idhâfî.
Lalu, hashr manakah yang dimaksud jika disebutkan secara mutlak? Jika disebut secara mutlak, maka yang dimaksud adalah haqîqî. Namun jika ada halangan untuk memaknainya secara haqîqî, maka kita sebut sebagai idhâfî.

(المتن)
وكل منهما ينقسم إلى:
قصر صفة على موصوف نحو: (لا فارس إلا علي)
وقصر موصوف على صفة نحو: (وما محمد إلا رسول فيجوز عليه الموت).
Matan
Dua jenis hashr tersebut dibagi menjadi:
Qashr shifah ‘alâ mawshûf (membatasi sifat dari yang disifati), contohnya: لا فارس إلا علي (tiada pahlawan kecuali Ali), dan Qashr mawshûf ‘alâ shifah (membatasi sesuatu yang disifati dari suatu sifat), contohnya: وما محمد إلا رسول فيجوز عليه الموت (Muhammad itu tidak lain kecuali Rasul, sehingga bisa mati).

(الشرح)
قصر الصفة على الموصوف والموصوف على الصفة إذا كانت الصفة مختصة بالموصوف فهو أيش؟ قصر صفة على موصوف وإن كان الموصوف مقصوراً على الصفة فهو قصر موصوف على الصفة.
المثال: (لا فارس إلا علي) قصرنا صفة الفروسية على علي أما كونه حقيقياً أو إضافياً فننظر إذا كان في البلد فارس سواه فهو إضافي وإلا فهو حقيقي.
Penjelasan
Qashr mawshûf ‘alâ shifah dan qashr shifah ‘alâ mawshûf, apabila sifat tersebut dikhususkan untuk yang disifati, termasuk mana? Membatasi sifat dari yang disifati, apabila yang disifati terbatas atas sifat tersebut, maka termasuk qashr mawshûf ‘alâ shifah.
Contoh: لا فارس إلا علي (tidak ada pahlawan kecuali Ali). Dengan kalimat ini kita membatasi sifat kepahlawanan hanya untuk Ali. Adapun ianya termasuk haqîqî atau idhâfî, maka kita perlu melihat; apabila di negeri tersebut ada pahlawan selain Ali, maka termasuk idhâfî, sedangkan apabila tidak ada, maka termasuk haqîqî.

طيب، (وَمَا مُحَمَّدٌ إِلَّا رَسُولٌ)(آل عمران:144) هذا قصر موصوف على صفة يعني أن محمداً صلى الله عليه وآله وسلم موصوف بأنه رسول لا أنه رب ولا أنه مَلَك ولا أنه سيُخَلَّد يعني آخر الآية يدل على ذلك (إِلَّا رَسُولٌ قَدْ خَلَتْ مِنْ قَبْلِهِ الرُّسُلُ)(آل عمران:144) وأظن هذا واضح أيضاً.
إذا قلنا: (لا قائم إلا محمد)؟ هذا قصر صفة على موصوف، و(ما محمد إلا قائم) موصوف على صفة.
Baiklah, kalimat وما محمد إلا رسول (Âli ‘Imrân:114), ini adalah qashr mawshûf ‘alâ shifah, yakni bahwasanya محمد shallallâhu ‘alaihi wa âlihi wasallam adalah mawshûf (yang disifati) dengan suatu sifat bahwasanya beliau adalah seorang Rasul; beliau bukan Tuhan, bukan malaikat, serta tidak dikekalkan; akhir ayat 114 di atas menunjukkan hal itu: إلا رسول قد خلت من قبله الرسل (kecuali seorang Rasul. Sungguh telah berlalu rasul-rasul sebelumnya). Saya yakin ini jelas juga.

(المتن)
والقصر الإضافي ينقسم باعتبار حال المخاطب إلى ثلاثة أقسام:
قصر إفراد إذا اعتقد المخاطب الشركة.
وقصر قلب إذا اعتقد العكس
وقصر تعيين إذا اعتقد واحداً غير معين.
Matan
Qashr idhâfî menurut kondisi orang yang diajak bicara terbagi menjadi tiga macam:
Qashr ifrâd, apabila orang yang diajak bicara meyakini bahwa kenyataannya lebih dari satu.
Qashr qalb, apabila orang yang diajak bicara meyakini kenyataannya adalah sebaliknya.
Qashr ta’yîn, apabila orang yang diajak bicara meyakini kenyataanya hanya satu dan tidak tertentu.

(الشرح)
طيب، القصر الإضافي هو ما كان القصر فيه بحسب حال المعين كما قلنا، ينقسم إلى ثلاثة أقسام:
قصر إفراد إذا اعتقد المخاطب الشركة فإذا قلت: (لا قائم إلا محمد) تخاطب رجلاً يعتقد أن القائم محمد وهو علي، هذا القصر قصر إفراد، يعني بعد ما كان المخاطب يعتقد أن القائم أكثر من واحد، الآن قلت: (لا قائم إلا محمد)، هذا قصر إفراد، بدل ما كان المخاطب يتصور أن القائمين كثيرون صار الآن لا يتصور إلا واحداً.
Penjelasan
Baik, qashr idhâfî, yaitu qashr yang pembatasannya berdasarkan pada kondisi tertentu sebagaimana telah kami katakan, terbagi menjadi tiga macam:
Qashr ifrâd, apabila orang yang diajak bicara meyakini kenyataannya lebih dari satu, seperti apabila Anda mengatakan: لا قائم إلا محمد (tidak ada yang berdiri kecuali Muhammad) kepada seseorang yang meyakini bahwa orang yang berdiri adalah Muhammad dan juga Ali, maka qashr ini disebut qashr ifrâd. Inilah qashr ifrâd. Maknanya, setelah orang yang diajak bicara itu meyakini bahwa orang yang berdiri itu lebih dari satu, sekarang Anda katakan: لا قائم إلا محمد (tidak ada yang berdiri kecuali Muhammad), ini adalah qashr ifrâd, karena mengubah persepsi orang yang diajak bicara, dari semula menganggap bahwa yang berdiri adalah orang banyak (lebih dari satu), sekarang persepsinya berubah menjadi bahwa yang berdiri adalah satu orang.

قصر قلب: إنسان يعتقد أن عَمْراً هو الكاتب، فقلت: (لا كاتب إلا علي)، هذا قصر قلب، لأن المخاطب يعتقد أنه لا كاتب إلا عمرو، الآن قلبت الأمر عليه وقلت: (لا كاتب إلا علي) أو محمداً، المهم إنني خاطبته بغير ما كان يعتقد، هذا يسمى قصر قلب لأني قلبت مفهوم المخاطب إلى ضده.
الثالث: قصر تعيين، مثل أن يسألك سائل يقول: (يافلان، هل عمرو هو الكاتب أو خالد؟)، فقلت: (لا كاتب إلا خالد)، هذا تعيين.
Qashr qalb: Seseorang meyakini bahwa ‘Amr adalah sekretaris, kemudian saya katakan: لا كاتب إلا علي (tidak ada sekretaris, kecuali Ali), ini adalah qashr qalb, karena orang yang diajak bicara meyakini bahwasanya tidak ada sekretaris kecuali ‘Amr, namun sekarang saya balikkan persepsinya dengan mengatakan: لا كاتب إلا علي (tidak ada sekretaris selain Ali) atau bisa juga diganti Muhammad, yang penting saya berkata kepadanya dengan mengungkapkan selain yang dia yakini. Ini dinamakan qashr qalb, karena saya mengubah pemahaman orang yang saya ajak bicara dengan pemahaman yang sebaliknya.
Ketiga: Qashr ta’yîn. Misalnya seseorang bertanya kepadamu dengan mengatakan: يا فلان, هل عمرو هو كاتب أو خالد؟ (wahai fulan, apakah ‘Amr sekretarisnya, ataukah Khalid?), lalu Anda jawab: لا كاتب إلا خالد (tidak ada sekretaris selain Khalid). Ini adalah qashr ta’yîn.

(المتن)
وللقصر طرق منها النفي والاستثناء نحو: (إِنْ هَذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ)(يوسف:31).
ومنها إنما نحو: (إنما الفاهم علي).
ومنها العطف بـ(لا) أو (بل) أو (لكن) نحو: (أنا ناثر لا ناظم)، و(ما أنا حاسب بل كاتب).
Matan
Ada beberapa cara untuk membentuk qashr, antara lain dengan menggunakan nafy (penafian) yang disusul dengan istitsnâ` (pengecualian), seperti: إن هذا إلا ملك كريم (tidaklah [pemuda] ini melainkan malaikat yang mulia) (Yûsuf:31). Cara yang lain adalah dengan menggunakan إنما, contohnya: إنما الفاهم علي (orang yang paham hanya Ali). Cara lainnya adalah dengan ‘athaf dengan huruf لا, بل, atau لكن, seperti: أنا ناثر لا ناظم (aku pengarang, bukan pujangga) dan ما أنا حاسب بل كاتب (saya bukanlah akuntan, melainkan sekretaris).

(الشرح)
ما جاء بمثال لـ(لكن).
انزع (بل) وضع بدلها (لكن)، تستقيم أم لا؟ تقول (ما أنا حاسب لكن كاتب).
Penjelasan
Untuk membuat contoh dengan لكن, sebagai berikut:
Kata بل dihapus, kemudian tempatnya diganti dengan لكن, cocok atau tidak? Contohnya Anda mengatakan: ما أنا حاسب لكن كابت (saya bukan akuntan, tetapi sekretaris).

(المتن)
ومنها تقديم ما حقه التأخير نحو: (إِيَّاكَ نَعْبُدُ)(الفاتحة:5).
Matan
Cara lain lagi adalah dengan mendahulukan yang seharusnya diposisikan di akhir. Contoh: إياك نعبد (al-Fâtihah:5).

(الشرح)
الآن ذكر الطرق: النفي والاستثناء وهو أعلاها مثل: (إِنْ هَذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ)، أي ما هذا إلا ملك كريم، وهذا الحصر كما تعرفون إضافي، يعني أن النسوة قلن: (مَا هَذَا بَشَراً إِنْ هَذَا إِلَّا مَلَكٌ كَرِيمٌ)(يوسف:31).
بعدها (إنما) والفرق بين (إلا) و(إنما) أن (إلا) يليها المحصور فيه و(إنما) يليها المحصور، انتبه للفرق: (إنما) يليها المحصور و(إلا) يليها المحصور فيه، مثاله: (إنما الفاهم علي)، الآن حصرت الفهم في علي لأن (إنما) يليها المحصور.
(لا): تقول: (القائم علي لا بكر).
بعدها (بل): (ما القائم فلان بل فلان).
كذلك (لكن): (ما القائم فلان لكن فلان).
تقديم ما حقه التأخير: هذه عامة، كل تقديم ما حقه التأخير فهو مفيد للحصر، سواء كان مفعولاً به أو كان خبراً أو غير ذلك، كل ما قدمنا ما حقه التأخير فهو دليل على الحصر.
Penjelasan
Sekarang kita ulangi menyebut cara-cara membuat hashr:
-          Dengan menggunakan nafy dan istitsnâ`. Ini hashr yang paling tinggi tingkatannya. Contohnya: إن هذا إلا ملك كريم, artinya tidaklah ini melainkan malaikat yang mulia. Hashr ini, sebagaimana kalian ketahui, adalah hashr idhâfî, yaitu konteksnya, para wanita pada zaman Nabi Yûsuf, saat mereka melihat beliau, berkata: ما هذا بشرا إن هذا إلا ملك كريم (Ini bukanlah manusia. Ini tidak lain kecuali malaikat yang mulia). (Yûsuf:31).
-          Selanjutnya, dengan menggunakan إنما. Perbedaan menggunakan إنما dengan إلا adalah, إلا diikuti oleh mahshûr fîh, sedangkan إنما diikuti oleh mahshûr. Perhatikan perbedaannya: إنما diikuti mahshûr, sedangkan إلا diikuti mahshûr fîh. Misalnya: إنما الفاهم علي (orang yang paham hanya Ali). Sekarang, Anda telah membatasi pemahaman hanya untuk Ali, karena kata إنما diikuti mahshûr.
-          Dengan menggunakan لا: القائم علي لا بكر (orang yang berdiri adalah Ali, bukan Bakr)
-          Setelah itu, dengan menggunakan بل: ما القائم فلان بل فلان (bukanlah yang berdiri itu fulan, melainkan fulan)
-          Demikian pula, bisa dengan لكن: ما القائم فلان لكن فلان (bukanlah yang berdiri itu fulan, melainkan fulan)

Mendahulukan lafazh yang seharusnya diakhirkan: ini bersifat umum; setiap mendahulukan lafazh yang seharusnya diakhirkan, ia berfaidah membatasi (hashr), baik posisinya sebagai maf’ûl (objek), khabar (menerangkan), atau selain dari itu. Setiap lafazh yang didahulukan, padahal seharusnya diakhirkan, maka ia menunjukkan pembatasan (hashr).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar