Senin, Juli 29, 2013

MEMBACA DAN MEMAHAMI SURAT YÂSÎN (1)

MEMBACA DAN MEMAHAMI SURAT YÂSÎN (1)

Pendahuluan

     Al-Qur`ân adalah kitab suci kaum muslimin. Kaum muslimin begitu antusias untuk membaca al-Qur`ân, sehingga tidak ada satu bacaan pun di dunia ini yang lebih banyak dan lebih sering dibaca selain al-Qur`ân. Di dalam al-Qur`ân terdapat satu surat yang bisa dikatakan paling sering dibaca oleh penduduk nusantara di luar shalat, yaitu surat Yâsîn. Karena itu, tulisan ini mencoba menguraikan tentang keutamaan membaca al-Qur`ân serta perlunya kaum muslimin di nusantara untuk meningkatkan kualitas interaksinya dengan surat Yâsîn. Jika selama ini surat Yâsîn hanya dibaca saja, maka sudah selayaknya kaum muslimin mulai berpikir untuk memahami kandungannya.  

Membaca al-Qur`ân

Membaca al-Qur`ân adalah salah satu ibadah yang sangat dianjurkan di dalam Islam. Banyak sekali keutamaan membaca al-Qur`ân. Di antara keutamaan tersebut diterangkan oleh Nabi melalui sabda beliau:

اقْرَءُوا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ شَفِيعًا لِأَصْحَابِهِ

Bacalah oleh kalian al-Qur`ân, karena sesungguhnya al-Qur`ân akan datang pada hari kiamat sebagai pembela bagi para sahabatnya.
(HR. Muslim)

Mengenai keutamaan membaca al-Qur`ân, Nabi juga bersabda:

يُقَالُ لِصَاحِبِ الْقُرْآنِ اقْرَأْ وَارْتَقِ وَرَتِّلْ كَمَا كُنْتَ تُرَتِّلُ فِي الدُّنْيَا فَإِنَّ مَنْزِلَكَ عِنْدَ آخِرِ آيَةٍ تَقْرَؤُهَا

Kelak (di akhirat) akan dikatakan kepada Sahabat Quran (orang yang senantiasa bersama-sama dengan al-Quran, penj.), “Bacalah, naiklah terus dan bacalah dengan perlahan-lahan (tartil) sebagaimana engkau telah membaca al-Quran dengan tartil di dunia. Sesungguhnya tempatmu adalah pada akhir ayat yang
engkau baca.

(HR. Abû Dâwûd dan at-Tirmidzî)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar