Kamis, Desember 07, 2017

CICILAN KOSAKATA QURAN (CINTAQU)

CICILAN KOSAKATA QURAN (CINTAQU)
.
.
Saya masih condong untuk percaya bahwa pengajaran Bahasa Arab sebaiknya pertama-tama didekatkan dengan Alquran.
.
Saya juga percaya bahwa ilmu shorof lebih mudah dan mendesak untuk dipelajari dibandingkan ilmu nahwu, khususnya bagi tujuan membaca teks arab gundul.
.
Maka saya menyusun modul perluasan Amtsilah Tashrifiyyah yang kosakatanya sedapat mungkin diambil dari Alquran.
.
Berharap manfaatnya menyebar lebih luas, dibuka kursus modul tersebut. Via WA. Ada yang gratis, ada yang berbayar. Hasilnya? Yang gratis lebih mengecewakan dibandingkan yang berbayar. Sedih.
.
Tetapi semangat untuk turut serta menyebarkan bahasa agung ini tidak pupus. Di benak terpercik-percik berbagai ide tentang pembelajaran bahasa Arab berbasis Alquran.
.
Dalam hal membaca tulisan arab gundul, saya sering memotivasi bahwa cara termudah yang bisa kita lakukan untuk berlatih adalah dengan membacanya semampu kita. Jangan takut salah. Dari kesalahan itulah kita belajar. Yang penting berani membaca dulu.
.
Benar atau salah itu tugasnya pihak yang sudah bisa membaca. Maka perlu ada yang mengoreksi.
.
Ide berlatih membaca itu saya terapkan di grup Nahwu Shorof Praktis Putri. Ada beberapa sambutan, meski akhirnya tenggelam lagi. Ternyata konsisten belajar itu sangat sulit. Padahal gratis.
https://static.xx.fbcdn.net/images/emoji.php/v9/f53/1/16/1f605.png😅 Bagi yang mau menerapkan latihan ini, silakan gabung di grup. Insya Allah selamanya gratis.
.
Dengan ide 'berani baca saja dulu' itu ada juga yang meminta koreksi bacaan kitab secara pribadi (bertarif Rp 50 per huruf) dan masih berjalan sampai sekarang. Sesuatu yang saya syukuri karena ada yang mau belajar melalui saya dengan cukup konsisten (plus ada tarifnya. Haha)
.
Sekarang terpercik pula dalam pikiran untuk menyelenggarakan program mencicil kosa kata Alquran. Saya share di sini berharap memberi manfaat. Siapa tahu ada yang mau menerapkan ide ini secara pribadi atau (lebih baik) dalam sebuah komunitas.
.
Program CICILAN KOSA KATA ALQURAN sebenarnya ide sederhana. Sudah banyak yang melakukan dengan teknis yang berbeda. Jika dilakukan secara konsisten, insya Allah manfaatnya besar.
.
Ambil satu ayat pendek atau potongan ayat dari Alquran. Terdiri dari paling banyak 10 kata. Tuliskan. Baca berulang-ulang 10-100 kali. Tuliskan di buku khusus. Pilih buku yang tipis saja
.
Penggal-penggal menjadi kata per kata. Tuliskan artinya. Baca lagi berulang-ulang. 10-100 kali. Setorkan kepada teman, suami, isteri, bapak, ibu, atau siapa pun yang mau dapat pahala dan halal (jadi, setor ke pacar nggak boleh lho ya...).
.
Kalau setorannya gagal, baca lagi berulang-ulang. 10-100 kali. Setorkan lagi. Gagal lagi, baca lagi. Begitu seterusnya. Jangan buru-buru menambah kosa kata. Lebih baik sedikit tetapi melekat erat daripada banyak tapi hilang semua.
.
Rutinkan selama setahun. Insya Allah akan ada perubahan saat membaca atau mendengarkan ayat-ayat Alquran. Sekurangnya akan bisa meraba maknanya.
.
Jangan dihitung berapa kata yang akan dikuasai dalam setahun itu. Tang ting tung jangan dihitung. Tahu-tahu nanti kamu dapat untung. Begitu kata mbah Titiek Puspa.
.
Ini sangat sederhana. Mudah. Tetapi menjalankannya akan berat. Tantangan terbesarnya, bagaimanapun, adalah sikap istiqamah. Maka memang lebih baik membentuk kelompok.
.
Buat kelompok terdiri dari 3-5 orang. Pilih salah seorang yang paling baik pengetahuannya tentang Bahasa Arab. Setorkan Rp 15.000 padanya sebagai saldo. Jika dalam sepekan tidak melakukan setoran sama sekali, saldo berkurang Rp 5.000. Setiap setoran satu kata, saldo berkurang Rp 300. Kira-kira begitu. Nominal dan batas waktu bisa diubah sesuai kesepakatan.
.
Kami membuka kesempatan untuk Program Cicilan Kosakata Quran semacam ini via chat WA. Untuk informasi dan pendaftaran, klik http://bit.ly/2iX303J atau kontak 0822-4252-2585.
.
Allàhumma ïrhamnā biälQur`āni.

.
Sedayu, 17 Rabī'u äl`Awwali 1439 H/06 Desember 2017 M 12.03 WIB

Tidak ada komentar:

Posting Komentar