Jumat, Juni 08, 2018

Belajar Bahasa Arab dari Surat Al Fatihah

Belajar Bahasa Arab dari Surat Al Fatihah

Pengantar

Surat al Fatihah adalah surat yang paling banyak dibaca oleh seluruh kaum muslimin di muka bumi ini. Bagaimana tidak, Surat inilah satu-satunya surat yang wajib dibaca pada setiap shalat, baik fardu maupun sunah. Didaulat sebagai intisarinya Alquran, akan sayang apabila kita melewatkan untuk memahami kandungan ayat demi ayat di dalam Surat yang agung ini.

Sementara itu, kemampuan berbahasa Arab merupakan salah satu kebutuhan kaum muslimin dewasa ini (juga merupakan kebutuhan umat sepanjang zaman), baik kebutuhan ideologis, spiritual, politik, maupun akademis. Maka, pembelajaran Bahasa Arab harus terus-menerus didorong sedemikian rupa agar tetap wujud di tengah-tengah umat, bahkan sedaya upaya ditingkatkan kuantitas maupun kualitasnya.

Oleh karena itu kami terpanggil untuk menyusun pembelajaran Bahasa Arab yang dipandu oleh ayat-ayat Alquran, yang dalam kesempatan ini berpandukan kata demi kata, atau frasa demi frasa, dan sebagainya, dari Surat al-Fatihah. Semoga upaya ini dijadikan oleh Allah sebagai amal saleh yang ikhlas semata-mata mengharap rido-Nya, sekaligus menjadi wasilah bagi kesejahteraan kaum muslimin dunia dan akhirat, jiwa dan raga, lahir dan batin.

Bantul Mataram Islam, Rabu, 22 Ramadhan 1438 H/07 Juni 2018 M 07.07 WIB

Pengantar ini telah dimuat di akun plukme saya dengan judul Belajar Bahasa Arab dari Surat Al Fatihah.

File PDF akan diungah secara bertahap di sini atau https://bit.ly/2kTWO9Z. Silakan diunduh. Gratis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar