Minggu, Oktober 14, 2012

Terjemah al-Adab al-Mufrad Karya Imam al-Bukhari (Hadis Nomor 4)


4 - حدثنا سعيد بن أبي مريم قال : أخبرنا محمد بن جعفر بن أبي كثير قال : أخبرني زيد بن أسلم ، عن عطاء بن يسار ، عن ابن عباس ، أنه أتاه رجل فقال : إني خطبت امرأة ، فأبت أن تنكحني ، وخطبها غيري ، فأحبت أن تنكحه ، فغرت عليها فقتلتها ، فهل لي من توبة ؟ قال : أمك حية ؟ قال : لا ، قال : تب إلى الله عز وجل ، وتقرب إليه ما استطعت . فذهبت فسألت ابن عباس : لم سألته عن حياة أمه ؟ فقال : إني لا أعلم عملا أقرب إلى الله عز وجل من بر الوالدة

4 – Sa’îd ibn Abî Maryam menuturukan kepada kami, ia berkata: Muhammad ibn Ja’far ibn Abî Katsîr mengabari kami, ia berkata: Zaid ibn Aslam mengabari kami, dari ‘Athâ` ibn Yasâr, dari Ibnu ‘Abbâs, bahwasanya seorang lelaki mendatangi beliau, lalu berkata, “Aku telah mengkhitbah seorang wanita, namun ia menolak menikah denganku. Lalu orang lain mengkhitbahnya, ia pun senang menikah dengannya, sehingga aku cemburu terhadapnya, sehingga aku membunuh perempuan itu. Apakah saya bisa bertobat?” Ibnu ‘Abbâs bertanya, “Ibumu masih hidup?” Dia menjawab, “Tidak.” Ibnu ‘Abbâs berkata, “Bertobatlah kepada Allah ‘Azza wa Jalla, mendekatlah kepada-Nya sekuat tenagamu.” Lalu aku (‘Athâ` ibn Yasâr) pergi dan bertanya kepada Ibnu ‘Abbâs, “Mengapa engkau menanyainya tentang kehidupan ibunya?” Ibnu ‘Abbâs menjawab, “Sesungguhnya aku tidak mengetahui amal yang paling dekat kepada Allah ‘Azza wa Jalla selain berbakti kepada ibu.”

Tidak ada komentar:

Posting Komentar