Minggu, Mei 26, 2013

Hadis-Hadis tentang Pendidikan Anak (2)



Kita tidak tahu apa yang akan terjadi pada jiwa anak kita ketika telah diajari tentang Nabi, bahwa beliau adalah orang yang penuh kasih, beliau sering menyodorkan bejana air kepada kucing. Mungki kita akan mendapati setiap si kecil melihat hewan-hewan, ia akan melakukan hal serupa, tanpa paham apa yang dilakukannya. Ketika kita mengajari anak-anak untuk memberi minum kucing, memberi makan kucing yang lapar, menyelamatkan semut yang tenggelam, mengasihi hewan, maka si kecil akan terdorong untuk melakukannya. Terpatri di dalam benaknya rasa kasih saying. Inilah akhlak.

Ada seorang saudara kita memberi tahu tentang seorang anak di Amerika. Ia tanpa rasa membunuh pengasuhnya serta empat orang siswa, tanpa sebab.

Ajarkanlah Alquran kepada anak-anak; membaca, memahami, dan menerapkannya. Alquran adalah penyubur hati. Membacanya adalah ibadah, memahaminya adalah ibadah, dan menerapkannya adalah kebahagiaan. Ia adalah kurikulum baku kita.

Tidak ada sesuatu yang lebih menggetarkan hati si kecil kecuali menyempurnakan Alquran; menyempurnakan membacanya, menyempurnakan pemahaman tentangnya, serta menyempurnakan pengamalannya. Inilah makna firman Allah Ta’âlâ:
يَتْلُونَهُ حَقَّ تِلَاوَتِهِ
… mereka mentilawahinya dengan tilawah yang sebenar-benarnya. (al-Baqarah [2]:121)

Mentilawahinya dengan tilawah yang sebenar-benarnya adalah membacanya dengan bacaan yang benar, memahaminya dengan pemahaman yang benar, serta menerapkannya dengan penerapan yang benar.

Dari Ibnu ‘Abbâs radhiyallâhu ‘anhumâ, ia berkata:

كُنْتُ خَلْفَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَوْمًا فَقَالَ يَا غُلَامُ إِنِّي أُعَلِّمُكَ كَلِمَاتٍ احْفَظْ اللَّهَ يَحْفَظْكَ
Dulu pada suatu hari aku pernah membonceng di belakang Nabi shallallâhu ‘alaihi wasallam, lalu beliau bersabda: Wahai anak kecil, aku akan mengajarimu beberapa kalimat… jagalah Allah, niscaya Dia akan menjagamu. (HR. at-Tirmidzî dari Ibnu ‘Abbâs)

Demi Allah, hadis ini adalah untuk anak kecil maupun orang dewasa. Jagalah perintah Allah, niscaya Dia akan menjagamu dari segala hal yang tidak disukai, engkau berada dalam rasa aman, engkau dalam keselamatan, engkau akan merasa bahagia, rela, dan tenang.

احْفَظْ اللَّهَ تَجِدْهُ تُجَاهَكَ
Jagalah Allah, niscaya engkau akan mendapati-Nya menyambutmu.

Ketika engkau berada dalam kesempitan hidup dan berkata, “Wahai Rabb”, Dia akan menjawab: Aku penuhi panggilanmu wahai hamba-Ku. Jika kamu mengenal-Ku pada masa lapang, Aku akan mengingatmu di saat susah.
إِذَا سَأَلْتَ فَاسْأَلْ اللَّهَ
Jika engkau meminta, mintalah kepada Allah.

لا تسألن بني آدم حاجة واسأل الذي أبوابه لا تغلق
الله يغضب إن تركت سؤاله وبني آدم حينما يسأل يغضب

Jangan sekali-kali engkau meminta kebutuhan kepada Bani Adam, tetapi mintalah kepada Zat Yang pintunya tidak pernah tertutup
Allah murka jika engkau berhenti meminta kepada-Nya, sedangkan Bani Adam seringkali marah ketika dimintai

Tidak ada komentar:

Posting Komentar